Puluhan Rumah Di Timor Tengah Selatan Terendam-Banjir

   Kupang, jurnalsumatra.com – Puluhan rumah di desa Nunkolo Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), NTT terendam banjir dengan ketinggian satu meter, akibatnya ratusan warga di desa tersebut mengungsi.
Kepala Desa Nunkolo, Kecamatan Nunkolo, David Kase mengatakan ratusan warga di desa itu sudah dievakuasi ke sejumlah rumah yang tak terendam banjir.
“Warga yang rumahnya terendam banjir tersebut sudah kami evakuasi,” katanya saat dihubungi Antara dari Kupang, Selasa.
Banjir yang terjadi di daerah itu menurutnya akibat intensitas hujan yang sangat tinggi melanda kawasan itu dalam beberapa hari terakhir. Khususnya pada Senin (22/1) kemarin hujan terjadi sejak pagi hingga malam hari.
Akibatnya sungai yang dikenal dengan sebutan Menu yang berjarak sekitar 300 meter meluap ke pemukiman warga di desa tersebut.

    David mengatakan dari pendataan sementara ada dua rumah yang mengalami kerusakan yang parah akibat banjir luapan sungai itu.
“Ada dua RT yang mengungsi yakni RT 07 dan RT 08. Namun sebagian lagi memutuskan untuk menyelamatkan barang-barang berharganya di rumahnya,” ujarnya.
Pemerintah desa juga sudah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten TTS untuk membantu mengavakuasi warga.
Bahkan bantuan berupa makan, tenda, selimut serta bantuan lainnya lanjut David sudah diserahkan oleh BPBD setempat kepada warga yang mengungsi.
“Kami juga sudah mengibau warga agar tetap waspada mengantisipasi banjir susulan. Karena memang intensitas hujan hingga saat ini masih sangat tinggi,” tambahnya.
Akibat banjir itu juga David mengatakan tanaman pertanian milik warga setempat seperti umbi-umbian dan jagung rusak akibat banjir.(anjas)

Leave a Reply