Puluhan Warga Garut Selamat Dari Bencana Palu

Garut, jurnalsumatra.com – Sekitar empat puluh warga  asal Kabupaten Garut, Jawa Barat, yang tinggal di Palu, Sulawesi Tengah, dikabarkan selamat dari bencana alam gempa bumi dan tsunami yang melanda Palu dan daerah sekitarnya pada Jumat, 28 September 2018.
“Ada 40 orangan lebih warga Garut berada di Palu, alhamdulillah semua warga Garut yang ada di sini selamat,” kata Iman Maulana warga Garut yang masih bertahan di Palu saat dihubungi wartawan dari Garut, Rabu.
Pria asal Desa Sukalilah, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut itu mengatakan, saat ini sudah berada di dalam area bandara untuk pulang ke Garut, namun sebagian besar warga Garut lainnya, kata dia, masih berada di luar area bandara di Palu dan hendak pulang ke Garut.
“Yang lain masih menunggu di luar gerbang bandara,” katanya.

Ia mengatakan, sudah empat hari di Bandara Mutiara SIS Al Jufrie, Palu menunggu jadwal pemberangkatan pesawat untuk terbang ke Pulau Jawa.
Selama di bandara, Iman hanya memakan makanan ala kadarnya  dan minum seadanya yang diperoleh di bandara.
“Minum alhamdulillah ada walau tidak banyak,” katanya.
Ia menyampaikan, warga Garut lainnya saat ini masih tertahan di luar area bandara karena menunggu kedatangan rombongan Presiden Indonesia Joko Widodo.
“Katanya mau ada Pak Jokowi, kalau pak Jokowi sudah ada, mereka nanti bisa masuk,” katanya.
Ia mengungkapkan, kondisi Palu sudah hancur, termasuk rumahnya sudah rusak akibat gempa, bahkan warga Palu sulit untuk mendapatkan makanan.
Ia berharap, secepatnya bisa pulang ke Jawa seperti warga Garut dan daerah lainnya yang sudah meninggalkan Palu.
“Warga Garut sebagian seperti anak-anak dan wanita sudah diberangkatkan duluan,” katanya.(anjas)

Leave a Reply