Puluhan Wartawan Kalteng Ikuti UKW Di Sampit

Sampit, jurnalsumatra.com- Puluhan wartawan dari 14 kabupaten/kota di Kalimantan Tengah,  mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang dilaksanakan di Sampit oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kotawaringin Timur pada 19-20 Oktober 2018.
“Sampai sore ini peserta sudah banyak yang datang di Sampit. Kami berusaha memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada kawan-kawan wartawan yang mengikut kegiatan,” kata Ketua Panitia, Rafiudin di Sampit, Jumat.
Menurut dia, berdasarkan data, tercatat ada 67 peserta yang mendaftar dan terbagi pada tiga kelompok ujian.
Kelompok Utama sebanyak 11 peserta, Madya 14 peserta dan Muda 42 peserta. Namun jumlah pasti peserta akan diketahui saat registrasi bersamaan pembukaan acara pada Jumat(19/10) malam.
Masih banyak peserta yang mendaftarkan diri, namun mereka terpaksa dimasukkan dalam daftar tunggu. Panitia menyesuaikan jumlah peserta karena terkait adanya aturan jumlah peserta setiap kelompok.
“Hal itu berkaitan dengan kesiapan penguji UKW yang semuanya berasal dari luar Kalimantan Tengah. Panitia harus menyesuaikan jadwal penguji yang siap hadir ke Sampit dalam UKW ini,” katanya.
Kegiatan akan dihadiri Ketua PWI Kalimantan Tengah, H Sutransyah bersama pengurus lainnya.
Panitia sudah mengundang Bupati H Supian Hadi dan Wakil Bupati HM Taufiq Mukri untuk membuka acara nanti.
“Kami berharap kerja sama seluruh peserta, khususnya terkait kehadiran tepat waktu agar acara berjalan lancar. Ini acara bersama sehingga perlu dukungan semua pihak agar berjalan sukses,” kata Rafiudin.

Ketua PWI Kotawaringin Timur, H Andri Rizky Agustian mengapresiasi antusiasme wartawan di Kalimantan Tengah mengikuti UKW.
Ini menunjukkan wartawan di Kalimantan Tengah, khususnya yang tergabung dalam PWI, sangat memperhatikan kualitas dan profesionalisme.
“Bagi kita yang memang bekerja sebagai wartawan, UKW ini tentu penting. Ini yang menunjukkan bahwa kita berkompeten di profesi ini,” katanya.
Andri berharap seluruh peserta bisa mengikuti kegiatan dengan baik dan hasilnya sesuai harapan.
“Anggota PWI akan dinyatakan berkompeten melalui kegiatan ini karena apa yang diujikan merupakan bagian dari rutinitas sehari-hari dalam mereka menjalankan tugas,” ucapnya.
Ketua PWI Provinsi Kalimantan Tengah, H Sutransyah mengatakan, kegiatan UKW ini merupakan kontribusi besar PWI Kotawaringin Timur. Ini merupakan kemajuan bagi PWI dalam hal peningkatan kualitas wartawannya.
“UKW ini sekaligus menjawab banyaknya keluhan terkait adanya istilah wartawan abal-abal dan semacamnya. UKW ini sesuai arahan Dewan Pers. Narasumber berhak menolak diwawancarai wartawan yang tidak berkompeten,” katanya.
Sutransyah menyatakan, saat ini ada 389 wartawan anggota PWI Kalimantan Tengah yang aktif. Dengan pelaksanaan UKW oleh PWI Kotawaringin Timur, maka tersisa sekitar 23 persen anggota PWI Kalimantan Tengah yang belum mengikuti UKW.(anjas)

Leave a Reply