Puskesmas Biak Gencar Sosialisasi Germas

   Biak, jurnalsumatra.com – Jajaran manajemen  Puskesmas  dan Pustu di 19 distrik menggencarkan sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) kepada warga di berbagai kampung untuk mewujudkan keluarga Indonesia sehat dan berkualitas.
“Germas merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup,” ungkap Sekretaris Dinas Kesehatan Biak Agus Filma dihubungi di Biak, Selasa.
Tempat pelayanan kesehatan Puskesmas dan Pustu, menurut Agus Filma, merupakan tempat perawatan fasilitas kesehatan pertama untuk melayani pemeriksaan kesehatan.
Jajaran Dinkes Biak, menurut Agus Filma, optimistis keberadaan Puskesmas/Pustu menjadi tepat efektif dalam menyosialsiasikan program Germas karena paling ramai dikunjungi warga berbagai kampung dalam memeriksakan kesehatan.
Ia mengatakan pelaksanaan Germas harus dimulai dari setiap keluarga  karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian anak.

     Sekretaris Dinkes Agus Filma menyebut Germas  dapat digalakkan setiap keluarga dengan cara melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol.
Kegiatan program Germas lain, menurut Agus Filma, yakni memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban/WC.
“Pada tahap awal Germas  secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari,  mengonsumsi buah dan sayur serta memeriksakan kesehatan secara rutin,” imbuhnya.
“Tiga kegiatan tersebut dapat dimulai dari diri sendiri setiap keluarga serta tidak membutuhkan biaya yang besar,” harap mantan Kabag Humas Pemkab Biak itu.
Berdasarkan data 21 Puskesmas di Kabupaten Biak Numfor gencar menyosialisasikan Germas karena di Indonesia sedang menghadapi transisi epidemiologi dari penyakit menular (PM) ke penyakit tidak menular (PTM).(anjas)

Leave a Reply