Puskesmas Oesao Kabupaten Kupang Jadi Rumah Sakit Tipe D

Kupang, jurnalsumatra.com – Kepala Dinas Kesehatan, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Robert Amheka mengatakan Puskesmas Oesao, Kecamatan Kupang Timur akan dikembangkan menjadi rumah sakit tipe D guna mengoptimalkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

  “Kami akan mengembangkan Puskesmas Oesao menjadi rumah sakit tipe D setelah semua fasilitas dan tenaga kesehatan terpenuhi,” kata Robert Amheka ketika dihubungi di Kupang, Sabtu.

  Robert mengatakan hal itu terkait telah diresmikanya gedung bangunan Puskesmas Oesaso yang sempat mangkrak sejak tahun 2017.

  Gedung baru Puskesmas Oesao berlantai dua diresmikan Bupati Kupang, Korinus Masneno, setelah bangunan itu mendapat bantuan anggaran sebesar Rp7.164.000.000 dari Dana Alokasi Khusus 2018.

  Menurut Robert peningkatan status Puskesmas Oesao menjadi rumah sakit tipe D sangat penting karena cakupan wilayah layanan Puskesmas sangat luas serta banyaknya kasus penyakit menular yang perlu mendapat penanganan khusus.

  Bupati Kupang, Korinus Masneno dalam sambutanya ketika meresmikan gedung Puskesmas Oesao mengatakan awal mula pembangunan gedung Puskesmas Oesao, menemui kekurangan namun patut disyukuri ternyata proses pembangunan fasilitas kesehatan ini selesai dilakukan.

  “Mari kita belajar memperbaiki diri dan berusaha menjadi lebih baik,” tegas Masneno.

  Menurut orang nomor satu di kabupaten yang berbatasan dengan Oecusse, Timor Leste ini, membangun daerah ini bukan soal gedung, sarana dan prasarana melainkan membangun manusia menjadi manusia yang seutuhnya.

  “Artinya tidak hanya memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi yang cukup melainkan mental dan spritual yang baik karena tugas pelayanan didasari dari hati yang penuh kasih,” kata Masneno.

  Bupati Korinus Masneno berharap para petugas kesehatan di Puskesmas Oesao agar terus belajar untuk mencapai standarisasi layanan kesehatan yang lebih memadai sehingga bermanfaat bagi masyarakat.(anjas)