Puskesmas Pematang Panggang IV Kampanyekan Germas

Kayuagung, Jurnal sumatra – Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-53 di Puskesmas Pematang Panggang IV mengkampanyekan geràkan masyarakat sehat (Germas) Kamis (16/11/2017).

Hadir dalam kegiatan ini Camat Mesuji Raya M Denin SH, Msi, diwakili Ahmad Leman, Kadinkes OKI yang diwakili Indrajaya SKM.M.Si kasi Pelayanan rujukan dan jsminan kesehatan, Kapolsek Mesuji Raya Ipda (pol) Dwi Ruddin, para kades, kepsek dan undangan lainnya.

Panitia pelaksana Antoni SKM.M.Kes, menjelaskan peringatan HKN tahun ini pihak puskesmas Pematang Panggang IV mengelar acara jalan sehat, lomba cerdas cermat kader posyandu pada 9 desa binaan, Gerakan makan buah dan sayur dengan tujuan menciptakan keluarga sehat pada umumnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Pematang Panggang  IV Zaidan SKM.M.Kes, mengungkapkan dengan adanya launching Germas pihaknya menyambut baik dan sekarang telah mensosialisasikan, inti germas ada 7 poin pihak untuk tahun pertama ini baru bisa melaksanakan 4 program dan sisanya bertahap pada berikutnya.

“Sejak Dilaunching Germas, saat ini kami baru bisa melaksanakan 4 poin dari Tujuh poin, semoga tiga poin lagi dapat kami selesaikan pada tahap berikutnya, “ Harapannya.

Ditambahkannya dengan adanya program germas ini dapat  memberikan memotivasi pada masyarakat untuk berpilaku hidup sehat serta terpentingnya dapat menekan serta menurunkan angka penyakit tidak menular,karena menurutnya kebiasaan hidup sehat harus di mulai dari saya, ungkapnya.

Kadinkes OKI H.M.Lubis SKM.M.Kes dalam sambutannya pada tahun 2017 ini dinkes OKI mengelorakan Germas pada 31 puskesmas yang tersebar di seluruh OKI. Dengan tema “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku”.

Menurutnya, Iskandar SE selaku Bupati OKI dengan jargon membàngun OKI daru desa telah melaksanakan pembangunan program satu desa satu poskesdes yàng bertujuan untuk mendekatkan pelayanan pada masyarakat lebih optimal.Pula pemberian TT caten untuk pengantin dilanjutkan dengan 1000 hari kehidupan program pemeriksaan kehamilan(ANC) lengkap,Tablet FE,PMT Bumil KEK, Persalinan gratis, inisiasi menyusui Dini dan ASI Eksklusif, PMT Balita dan pemberian Kapsul vitamin A, ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut pula deklarasikan gerakan bersama seluruh komponen masyarakat mesuji raya dibubuhkan tandatangan pembuka oleh Camat Mesuji Raya. (Heri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − 4 =