Raharjo Dan Eko Pencipta Mesin Amator

Banyuasin, jurnalsumatra.com – Raharjo dan Eko , Putra Banyuasin Berhasil menciptakan Amator Alat Tanam Beni Langsung (Atabela) Modifikasi Traktor pertama di Indonesia,Penemuan alat tersebut langsung di tampilkan dalam ajang Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) ke XV  di alun-alun Kota Pangkalan Balai, Kamis (22/8/2019).

Dikatakan Raharjo, alat ini terbuat dari bahan yang sederhana dari bahan pipa paralon yang diberi lubang ditiap-tiap titiknya.

“Jadi cara kerja alat Amator ini simple dapat meringkas pekerjaan,”katanya

Jadi lanjut Raharjo, dengan menggunakan alat ini pekerjaan dapat lebih teratur dan efisien.

“Banyak manfaat jika menggunakan alat ini , pertama hemat benih , hemat waktu hingga 2 jam , jarak tanam teratur, mudah dalam pemeliharaan serta bisa di gunakan untuk padi, jagung dan kedelai,”katanya.

Kepala Dinas Pertanian Banyuasin Zainuddin mengapresiasi atas penemuan alat Amator ini .

“kita apresiasi atas penemuannya dan sebagai hadianya beliau mendapat penghargaan oleh kementerian pertanian yg merupakan penyemangat untuk berkreasi menciptakan penemuan terbaru,”kata Zainuddin diruang kerjanya,Kamis(22/8/2019).

Diharapkan Zainuddin, kedepan agar ada produsen atau sponsor yang mau mendanai penemuan alat ini serta dapat diproduksi sebanyak mungkin.

“Harapan kita semoga akan ada banyak lagi inovator – inovator yang dapat menciptakan alat seperti Raharjo ini,”harapnya.(BIO)