Rapat Perdana DPRD Banyak Yang Mangkir

Tanahdatar, Sumbar, jurnalsumatra.com – Rapat perdana DPRD Tanah Datar diwarnai dengan bangku tidak penuh alias banyak kosong. Padahal anggota DPRD tersebut baru dua hari sudang dilantik dan disumpah. Tidak hanya di provinsi Sumatera Barat yang oernah disorot oleh berbagai pihak. Anggota DPRD Tanah Dapar pun ikut-ikutan. Padahal rakyat sudah memilih yang terbaik untuk menjadi wakil di parlemen. Ternya yang terbaik itu sendiri yang mangkir.

Jumat (16/08/2019) rapat digelar di ruang utama Gedung DPRD Tanah Datar dalam agenda mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI Joko Widodo. Ternyata 20 orang anggota DPRD Periode 2019-2024 yang ikut mendengarkan pidato kenegaraan Presiden bersama Bupati Irdinansyah Tarmizi. Berarti hanya 20 orang anggota DPRD yang menyadari dipilih oleh masyarakat.

Seperti yang dirilis oleh Kabardaerah.com, Rapat dipimpin Ketua DPRD Sementara Jonnedi didampingi oleh Wakil Ketua Sementara Istiqlal dan dihadiri Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi.

“Berdasarkan catatan absen siang ini, anggota yang hadir hanya 20 orang, selebihnya belum ada yang muncul,” ucap salah seorang pegawai sekretariat DPRD setempat.

Selama sidang paripurna berlangsung, kekosongan kursi wakil rakyat itu terlihat sangat mencolok karena jumlah anggota yang hadir hanya 20 dari 34 orang anggota dewan.

Menurut Jonnedi, ada tiga agenda rapat paripurna ini, “Salah satunya adalah mendengarkan pidato Presiden Joko Widodo tentang berbagai aspek pembangunan yang akan dilakukan untuk masa yang akan datang,” tutur Jonnedi.(MYt)