Rapat Pleno KPUD Lahat Tetapkan Lima Cabup

Lahat, Sumsel, jurnalsumatra.com – Akhirnya hasil dari rapat pleno Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Lahat, menetapkan untuk Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup)dalam Pilkada Lahat periode 2018-2023 memutuskan sebanyak Lima pasang calon (Paslon).

Dipastikannya, kelima Paslon itu akan berperang pada 27 Juni 2018 nanti, sesuai dengan persyaratan hasil Verifikasi Faktual, baru baru ini. Dengan penetapan yang dilakikan KPU berharap agar Paslon yang bertarung tetap mematuhi aturan main dan tidak menciderai demokrasi dalam berpolitik.

Ketua KPUD Lahat Syamsu rizal,Bsc mengatakan, para Paslon kandidat Cabup dan Cawabup Lahat sudah memenuhi rangkaian proses yang dilakukan oleh KPU Lahat. Baik itu dari jalur perseorangan maupun dari jalur Parpol. Sehingga sesuai dengan prosedur yang berlaku, apalagi sebelumnya baik ditingkat PPS, PPK dan KPU dalam pleno yang dilakukan selalu dihadiri berbagai pihak mulai dari Tim ahli, panwas, dan TNI Polri sehingga transparan dan sesuai prosedur.

“Ada beberapa keputusan dari KPU Lahat tentang penetapan bakal pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Lahat terutama dari jalur perseorangan. Dimana ada satu kandidat yang tidak memenuhi persyaratan yakni atas nama Dodo Arman dan Mayor (Purn) Sutrisno. Dimana sebelumnya ada 6 calon kandidat yang mendaftar ke KPU Lahat, namun karena Balonbup Dodo Arman dan Balonwabup Mayor (Purn) Sutrisno tidak memenuhi syarat yang sesuai aapa yang ada di KPU Lahat, maka kandidat Cabup dan Cawabup Lahat yang ikut dalam Pilkada Lahat tahun 2018 ini ada sebanyak 5 calon,”ujarnya.

Disampaikan Syamsu Rizal, pihaknya juga menerangkan bahwa, untuk jalur perseorangan, hanya dua kandidat yang dinyatakan lulus verifikasi dari persyaratan KPU, yakni Purnawarman Kias – Rozi Adiansyah dan H Hapit Padli – H Erlansyah Rumsyah.

“Karena itulah, untuk jalur perseorangan hanya Paslon Dodo Arman – Mayor (Purn) Sutrisno yang dinyatakan gugur, sedangkan H Hapit Padli – H Erlansyah Rumsyah serta Paslon H Purnawarman Kias – Rozi Adiansyah dinyatakan berhak mengikuti Pilkada 2018 mendatang,”imbuhnya.

Salah satu Paslon jalur independen H Hapit Padli menuturkan, dirinya optimis dapat memenagkan Pilkada Lahat walaupun dirinya bersama H Erlansyah Rumsyah melalui jalur perseorangan.

“Insya Allah, yang utama sekali kita mulai dari bawah yakni dari masyarakat. Karena itulah kami berdua siap dan optimis dapat memenagkan Pilkada 2018 mendatang,”terangnya.

Ditempat yang sama, Parhan Berza Calon Wakil Bupati Lahat yang diusung oleh Partai Golkar, PKB, PAN juga siap bersaing dengan keempat kandidat lainnya dalam Pilkada 2018.

“Alhamdulillah, kita sudah dinyatakan berhak mengikuti Pilkada Lahat 2018. bersama dengan H Burzah Zarnubi yang merupakan Calon Bupati Lahat, mudah-mudahan kami bisa memenagkan Pilkada Lahat ini. Apalagi program kami sudah dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Lahat, salah satunya moto kita menata kota membangun desa,” kata Farhan dengan lantang. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × three =