Rapat Pleno Penetapan Calon Terpilih DPRD OKUTimur

Martapura,  jurnalsumatra.com – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten OKU Timur mengadakan rapat Pleno terbuka dengan tema ‘penetapan jumlah kursi partai politik dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten OKU Timur pemilu tahun 2019’ pada hari Senin (12/08/2019) bertempat di hotel Puri Tani(Parai)  Martapura sekira pukul 10.00 wib sampai dengan selesai.

Rapat pleno tersebut di pimpin langsung oleh Ketua KPU Kabupaten OKU Timur Herman Jaya SH dengan rangkaian acara
1. Menghitung dan menetapkan perolehan kursi partai politik anggota DPRD Kabupaten OKU Timur di setiap daerah pemilihan.
2.Menetapkan peringkat calon terpilih anggota DPRD Kabupaten OKU Timur.
3.Menetapkan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten OKU Timur.

Peserta pemilu partai politik ada 13 parpol politik yaitu: PKB, GERINDRA, PDIP, GOLKAR, NASDEM, GARUDA, PKS, PERINDO, PPP, PAN, DEMOKRAT, HANURA, DAN PARTAI BERKARYA.
Penyumbang kursi DPRD terbanyak di peroleh dari partai PKB, Partai Gerindra dan partai Golkar masing-masing dengan 6 kursi, di susul partai PDIP dan Hanura dengan  masing-masing 4 kursi, partai  PKS dan PAN masing-masing dengan 3 kursi, partai PPP 2 kursi dan partai Perindo 1 kursi, jumlah keseluruhan 45 kursi di Kabupaten OKU Timur.

Pemilihan suara terbanyak di peroleh oleh calon terpilih Ida Liana Am. Keb dari partai Gerindra dapil 5 dengan 8321 suara di susul oleh Masrin Diana dari partai PKB dapil 2 dengan 7572 suara, sementara suara terendah 1907 suara di peroleh oleh Syamsudin dari partai PDIP dapil 3.

Kegiatan rapat pleno sendiri merupakan tindak lanjut dari surat KPU RI nomor 109/PY.01.1.sd/KPU/VIII/2019 perihal tindakan lanjut putusan MK tertanggal 08 Agustus 2019.
Bupati OKU Timur HM. Kholid Mawardi S. Sos. Msi mengatakan walaupun masyarakat OKU Timur beraneka ragam suku dan etnis alhamdulillah pemilu di Kabupaten OKU Timur aman dan kondusif, Bupati juga tak lupa mengucapkan rasa Terima kasih kepada Kapolres OKU Timur dan jajarannya, serta kepada pihak keamanan lainnya dan pihak-pihak terkait atas kerja keras sehingga pemilu di Kabupaten OKU Timur aman dan kondusif, pungkas Bupati OKU Timur tersebut. 

Rapat pleno terbuka juga di hadiri oleh Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya SH. SIK bersama jajaran Polres OKU Timur, KEJARI yang diwakili KASI INTEl Yuliadi Khaidir SH, KESBANGPOL, ASISTEN 2,BAWASLU, CALEG terpilih serta tamu undangan dan perwakilan Partai politik itu sendiri.(iwan)