Ratusan Anak Yatim Bondowoso Dapatkan Tabungan Sosial

     Bondowoso, jurnalsumatra.com – Ratusan anak yatim di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, mendapatkan bantuan uang program Tabungan Sosial dari Dinas Sosial Kabupaten setempat.
“Pada tahun ini (2017) tercatat ada 28 lembaga kesejahteraan sosial anak atau LKSA Bondowoso yang mendapatkan bantuan Tabungan Sosial,” kata Kepala Dinas Sosial Pemerintah Kabupaten Bondowoso Amir Hidayat di Bondowoso, Jumat.
Dari 28 lembaga yang mengurusi anak yatim, anak telantar dan anak putus sekolah itu, lanjut dia, jumlah penerima tabungan sosial sebanyak 364 anak. Dan masing-masing anak mendapatkan Rp900.000.
Umur anak-anak yang berada di lembaga kesejahteraan sosial anak itu, katanya, mulai dari 8 tahun hingga 18 tahun. Penyerahan bantuan tabungan sosial diserahkan langsung oleh Sekretaris Daerah Pemkab Bondowoso Hidayat.

     “Tabungan sosial tersebut diberikan lewat 28 lembaga kesejahteraan sosial anak. Lembaga yang dipilih juga harus memenuhi persyaratan, di antaranya lembaga itu sudah memiliki kekuatan hukum dan lembaga juga harus eksis,” katanya.
Amir Hidayat menjelaskan program Tabungan Sosial itu sumber anggarannya dari Dinas Sosial Pemerintah Provinsi Jawa Timur, sedangkan Dinas Sosial pemerintah daerah hanya mengusulkan.
“Bantuan uang itu diberikan sesuai pengajuan ke Dinas Sosial Pemprov Jatim, dan tergantung kemampuan uang negara,” tuturnya.
Ia menambahkan, jumlah lembaga yang mendapakan bantuan uang dari program Tabungan Sosial itu masih sedikit bila dibandingkan dari total jumlah keseluruhan lembaga yang mencapai 82 LKSA.
Kendati demikian, katanya, Dinas Sosial memastikan akan mengajukan lembaga lainnya di tahun-tahun berikutnya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − 11 =