Ratusan Pelajar Dan Warga Bangka Ikuti Karnaval Budaya

Sungailiat,Bangka, jurnalsumatra.com – Ratusan pelajar dan warga Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengikuti karnaval budaya peringatan Hari Jadi Kota Sungailiat ke-235 dengan berbusana adat melayu.

  Karnaval budaya yang melintasi jalan utama kota itu dilepas langsung oleh Bupati Bangka, Mulkan didampingi Wakil Bupati Syahbudin dan Kapolres Bangka, AKBP M. Budi Ariyanto di Sungailiat, Senin.     

  Karnaval budaya yang diikuti pelajar dan warga kota menempuh jarak kurang lebih tiga kilometer dari Taman Makan Pahlawan Sungailiat dan berakhir di taman kota Sungailiat.

  Karnaval budaya tersebut merupakan salah satu rangkaian dari peringatan Hari Jadi Kota Sungailiat ke-253 yang sebelumnya telah diselenggarakan berbagai perlombaan tradisional yang diikuti oleh warga dan aparstur sipil negera (ASN) setempat.

  Dalam rapat paripurna Hari Jadi Kota Sungailiat, sebelumnya Bupati Bangka Mulkan mengatakan, kegiatan karnaval merupakan upaya pemerintah dalam mempertahankan khasanah budaya di masyarakat.

  “Melalui kegiatan ini pula, saya harapkan dapat mempersatukan masyarakat di Kabupaten Bangka atau ‘Bumi Sepintu Sedulang’ yang harus tetap dipertahankan,” ujarnya.

  Menurutnya, eksistensi keragaman budaya Bangka harus tetap dijaga dan dipertahankan bersama-sama agar harmonisasi yang dimiliki tetap tertanam dalam jiwa masyarakat.

  “Penanaman keharmonisan dan mencintai budayanya sendiri dapat menjadi filter bagi generasi muda dari pengaruh budaya asing,” katanya.(anjas)