Realisasi DAK Afirmasi Gorontalo Utara 99 Persen

Gorontalo, jurnalsumatra.com – Realisasi dana alokasi khusus (DAK) afirmasi melalui Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, tahun anggaran 2018 mencapai 99 persen.
Kepala Bidang Pendidikan Dasar Diknas Gorontalo Utara, Irwan Usman, di Gorontalo, Rabu, mengatakan, total kucuran DAK afirmasi di daerah itu mencapai Rp1,39 miliar.
Hingga 15 November 2018, realisasinya tercatat mencapai 99 persen.
Kucuran DAK itu terfokus untuk pembangunan infrastruktur rumah dinas guru di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Ponelo Kepulauan dan Sumalata.
Secara fisik, kata Irwan, realisasi bangunan sudah maksimal hanya beberapa yang perlu merampungkan tahap akhir pembangunan atau “finishing”, seiring realisasi serapan anggaran yang tercapai sesuai target.

Ia berharap, keberhasilan realisasi DAK afirmasi 2018 di daerah itu, menjadi penilaian bagi pemerintah pusat untuk kembali mengucurkan anggaran peningkatan infrastruktur pendidikan.
“Kita berharap, tahun anggaran 2019 nanti, ada peningkatan nilai DAK yang dikucurkan ke daerah ini, mengingat alokasi itu sangat diperlukan,” ujarnya.
Khususnya sebagai upaya memperkuat program pembangunan infrastruktur pendidikan di wilayah pesisir.
Ia mengatakan, rampungnya fasilitas rumah dinas guru, termasuk di wilayah kepulauan melalui anggaran DAK afirmasi, menjadi salah satu penunjang keberhasilan program pendidikan sesuai yang diharapkan pemerintah daerah khususnya pemerintah pusat.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − 2 =