Rejang Lebong Pasang Bronjong Penahan Jalan Longsor

      Rejang Lebong, jurnalsumatra.com – Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, memasang bronjong atau pengaman dari batu untuk mencegah putusnya jalan protokol di daerah itu akibat terkena longsor beberapa waktu lalu.
Kabid Bina Marga DPU Rejang Lebong, Suhadi saat dihubungi di Rejang Lebong, Sabtu mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan pemasangan bronjong di Jalan Ahmad Marzuki tepatnya di kawasan RT 5/3 Kelurahan Timbul Rejo, Kecamatan Curup, yang terancam putus akibat terkena longsor menyusul ambruk drainase di wilayah itu.
“Saat ini sudah ada pekerja yang dikerahkan kesana untuk memasang bronjong untuk menahan tanah agar tidak menggerus jalan aspal. Pekerjaan pemasangan bronjong ini sudah memasuki hari ke empat,” ujarnya.
Pemasangan bronjong guna mencegah putusnya jalan protokol tersebut kata dia, menggunakan anggaran rutin dinas PU setempat dengan panjang pekerjaan mencapai 50 meter, sesuai dengan panjang longsor yang menerpa bahu jalan tersebut.
Dia berharap pemasangan bronjong ini nantinya bisa menahan tanah di bahu Jalan Ahmad Marzuki yang sudah mengalami longsor sejak 2017 lalu dan saat ini kian parah, sebelum di lakukan perbaikan menyeluruh pada 2019 mendatang.

    Sementara itu, Susi (38) salah seorang warga RT 5 yang posisi rumahnya berada persis di areal longsoran mengaku sangat berterima kasih dengan langkah yang diambil DPU Rejang Lebong tersebut, karena selama ini mereka sudah berulang kali melaporkannya namun baru terealisasi saat ini.
“Kami senang, karena  akhirnya jalan ini diperbaiki. Kami berharap perbaikan ini nantinya bisa dilakukan secara menyeluruh sehingga tidak merembet ke tempat lainnya lagi,” akunya.
Sebelumnya Jalan Ahmad Marzuki tersebut nayris terputus akibat ambruknya saluran drainase di daerah itu sehingga menggerus badan jalan protokol itu pada 22 September lalu menyusul hujan deras yang melanda wilayah itu.
Jalan protokol itu sendiri sejak 2017 lalu terancam putus akibat, ambruknya saluran drainase di pinggir jalan itu sehingga material betonnya menumpuk di tengah saluran dan menyebabkan air buangan menghantam ke arah badan jalan dan dalam waktu cepat langsung mengerus bahu jalan dengan panjang mencapai 50 meter.(anjas)

Leave a Reply