Rekrutmen DIRUT PD Pasar Surabaya Tekendala Anggaran

     Surabaya, jurnalsumatra.com – Komisi B Bidang Perekonomian DPRD Surabaya menilai rekrutmen ulang calon dirut Perusahaan Daerah Pasar Surya untuk ketiga kalinya belum bisa dilaksanakan karena terkendala anggaran.
Sekretaris Komisi B DPRD Surabaya Edi Rachmat, di Surabaya, Kamis, mengatakan kondisi keuangan PD Pasar Surya saat ini sedang tidak sehat sehingga tidak memungkinkan untuk membiayai rekrutmen calon dirut PD Pasar.
“Krisis keuangan terjadi sejak Dirjen Pajak memblokir rekening PD Pasar. Padahal, pada rekening tersebut terdapat dana pembangunan, kas pasar yang nilainya mencapai miliaran rupiah,” katanya.
Edi mengusulkan agar rekrutmen dirut PD Pasar dilakukan secara bersama-sama rekrutmen calon direktur lainnya pada awal tahun 2018. “Februari nanti kan ada direktur yang habis masa jabatannya. Jadi rekrutmennya bisa sekaligus untuk jabatan dirut dan direktur lainnya,” katanya.
Menurut dia, solusi yang ditawarkan agar rekrutmen dilakukan bersama-sama karena anggaran untuk rekrutmen yang dibutuhkan sekitar Rp200 juta.
Badan Pengawas PD Pasar Surya, katanya, sudah menggelar dua kali rekrutmen jajaran direksi. Namun, hasilnya ditolak Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini karena tak memenuhi kualifikasi yang diharapkan.
“Saya tidak menyalahkan wali kota karena yang terpilih memang harus benar-benar profesional,” ujarnya.
Untuk itu, ia berharap seleksi yang dilakukan nanti harus selektif dan tidak asal comot. Edi mengaku, untuk mendapatkan calon direktur yang sesuai kualifikasi, pihak panitia rekruitmen harus mengumumkan secara luas.
“Makanya harus benar-benar dipersiapkan,” katanya.(anjas)

Leave a Reply