Renja DPRD Tomohon Bersinergi Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

    Tomohon,jurnalsumatra.com – Wali Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) Jimmy F Eman mengapresiasi rencana kerja (renja ) DPRD tahun 2019 bersinergi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
“Pemerintah kota memberikan apresiasi kepada DPRD yang telah menyusun dan menetapkan renja tahun 2019 mendatang. Itu semua untuk kemajuan kota dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Wali Kota Jimmy di Tomohon, Selasa.
Menurut Wali Kota, dokumen renja baik pemerintah daerah maupun DPRD secara umum mempunyai maksud yang sama yaitu untuk menyediakan instrumen atau petunjuk dalam melaksanakan tupoksi masing-masing.

Renja adalah peta jalan bagi DPRD dalam melaksanakan tugas, fungsi dan kewajibannya secara terarah, efisien dan efektif sesuai dengan kewenangan yang diberikan.
“Renja adalah amanat Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2004 tentang Kedudukan Protokoler Dan Keuangan Pimpinan Dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah,” jelasnya.
Pasal 24 disebutkan, belanja penunjang kegiatan disediakan untuk mendukung kelancaran tugas, fungsi dan wewenang DPRD dan disusun berdasarkan rencana kerja yang ditetapkan oleh pimpinan DPRD.
“Esensinya adalah penjabaran tugas dan wewenang DPRD harus selaras dengan visi, misi dan agenda DPRD,” katanya lagi.
Selain itu, mengakomodasi konsultasi publik seperti musyawarah perencanaan pembangunan, reses anggota DPRD, dan forum perangkat daerah serta menjadi masukan utama bagi penyusunan renstra DPRD, RKPD dan RPJMD, ujarnya.(anjas)

Leave a Reply