Revitalisasi Tiga Pasar Bantul Selesai Akhir November

     Bantul, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menyatakan proses revitalisasi tiga pasar tradisional daerah ini yang masuk anggaran 2017 ditargetkan selesai akhir November 2017.
“Tahun ini ada empat pasar yang direhab, dan semua sudah ada kontrak waktu pekerjaan sampai sekian-sekian, kalau yang tiga pasar sampai akhir November ini selesai,” kata Kepala Dinas Perdagangan Bantul Subiyanto Hadi di Bantul, Jumat.
Menurut dia, tiga pasar tradisional tersebut adalah Pasar Janten di Kasihan, Pasar Hewan di Pleret dan Pasar Panasan di Piyungan. Dengan anggaran revitalisasi masing-masing sekitar Rp900 juta sampai Rp1 miliar.
Ia mengatakan, setelah tiga pasar tradisional itu selesai direhab tahapan selanjutnya adalah masa pemeliharan selama beberapa bulan oleh rekanan sebelum nantinya diserahkan pengelolaan ke pemerintah daerah.
“Kan batasannya akhir November, terus nanti ada masa pemeliharaan pertama kalau tidak salah selama dua bulan, kemudian pemeliharaan kedua enam bulan, jadi pemda menunggu penyerahan itu kurang lebih selama delapan bulan,” katanya.
Namun demikian, kata dia, dalam masa pemeliharaan itu pedagang pasar sudah bisa menempati hanya saja belum secara resmi, dan selama masa pemeliharaan itu ketika ada kerusakan menjadi tanggung rekanan untuk melakukan perbaikan.
“Istilahnya pinjam pakai untuk ditempati, dan resminya menjadi milik pemda ketika dalam hal pemborong menyerahkan ke dinas, jadi kalau November sudah selesai nanti sekitar bulan Mei itu sudah resmi menjadi milik kita,” katanya.
Subiyanta mengatakan, revitalisasi pasar tradisional di Bantul sudah jadi program rutin Pemkab Bantul untuk memberikan rasa nyaman bagi pedagang dan masyarakat. Selain tiga pasar tadi, Pasar Semampir Sedayu juga dibangun pada tahun ini.
“Untuk yang pasar Semampir itu kalau tidak salah kontraknya sampai 15 Desember 2017, jadi waktu pencairan anggarannya tinggal dua minggu lagi untuk yang pasar ini, tahapannya nanti juga sama dengan pasar lainnya,” katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven + 2 =