Riau Bantu Perawatan Bayi Dengan Tumor Wajah

    Pekanbaru, jurnalsumatra.com –  Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Kesehatan setempat memberikan bantuan perawatan gratis bagi bayi usia empat bulan bernama Muhammad Ilham yang mengalami tumor di wajah.
“Atas perintah Gubenur, Ilham langsung dijemput dari rumah tinggalnya Jalan Lili Ujung No 10, Sukajadi, Pekanbaru, Rabu malam sekitar pukul 21.30 WIB untuk dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau  Mimi Yuliani Nazir di Pekanbaru, Kamis.
Mimi menjelaskan awalnya Diskes Riau menerima laporan informasi ada bayi malang menderita tumor wajah berasal dari keluarga kurang mampu dari gubernur. Kemudian pihaknya langsung bergerak cepat untuk melakukan peninjauan,  dan ternyata benar.
Setelah terbukti sebut Mimi Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman langsung memerintahkan jajaran Dinas Kesehatan Provinsi Riau dan Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Pekanbaru untuk segera menanganinya.
“Pak Gubernur dapat pesan chat WhatsApp kalau ada pasien bayi malang ini dan langsung memerintahkan kami untuk bergerak,” ujar Mimi.

     Disampaikan Mimi tanpa berlama-lama bersama tim Jamkesda Diskes Riau kemudian mendatangi rumah Ilham di Reyhan Laundry Jl Lili Ujung Nomor 10, Sukajadi, Pekanbaru.
Mereka mendapatkan bayi malang yang sudah menjadi yatim ini dalam keadaan tidak berdaya karena tumor diwajahnya.  Lalu kemudian langsung dibawa ke RSUD Arifin Achmad, Pekanbaru untuk menjalani perawatan intensif.
Ibunya yang kini menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW) di Malaysia tidak bisa merawat sendiri Ilham,  dan terpaksa menyerahkan pengurusannnya kepada tantenya Saidiah (38).
“Bayi ini tidak akan dikenakan biaya pengobatan sepeserpun. InsyaAllah semuanya ditanggung Pemerintah Provinsi Riau melalui skema pembiayaan Jamkesda,” ujar Mimi.
Sementara itu Direktur RSUD Arifin Achmad dr Nuzelly Husnedi MARS menyebutkan Ilham dibawa menggunakan Ambulance Public Safety Center 119 Dinas Kesehatan Provinsi Riau dan tiba di RSUD Arifin Achmad sekitar pukul 21.30 WIB.
Ia langsung mendapat penanganan pertama di Instalasi Gawat Darurat.
“Di sini kami lakukan observasi terlebih dahulu sebelum nantinya dipindahkan ke  ruang Mawar perawatan anak,” ujar Direktur RSUD Arifin Achmad dr Nuzelly Husnedi MARS.
Nuzelly menambahkan pihaknya siap menangani Ilham. Apalagi memang RSUD Arifin Achmad sudah menjadi pusat rujukan kanker di Riau.
“InsyaAllah dokter, tenaga medis dan peralatan kita sudah sangat memadai untuk merawat Ilham,” pungkasnya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × five =