Ribuan Siswa SMA MA Ikuti UNBK

Lahat, Sumsel, jurnalsumatra.com – Ketua MKKS sekolah menengah atas (SMA) Kabupaten Lahat, Baslani M Pd, Senin (9/4/2018), kemarin menyampaikan, sebanyak 4657 siswa dari 42 SMA dan madrasah aliyah (MA) di Kabupaten Lahat mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), yang diselenggarakan sejak 9 dan berakhir 12 April 2018.

“Dari catatan kita ada 4657 siswa dari 42 sekolah menengah atas (SMA) dan madrasah aliyah (MA) se-Kabupaten Lahat mulai tanggal 9-12 April ikuti UNBK, ” tutur secara lugas.

Ia menjelaskan, ujian nasional (UN) hari ini juga diikuti madrasah aliyah (MA) dengan jumlah sebanyak lima Sekolah.

“Benar, mulai senin (hari ini-red) seluruh sekolah menyelenggarakan UNBK. Dari 42 Sekolah itu, termasuk 5 madrasah aliyah (MA) juga ikut UN secara serentaka dilaksanakan di Bumi Seganti Setungguan ini, ” ujarnya lagi.

Alhamdulillah, ditambahkan Baslani, seluruh siswa SMA di Kabupaten Lahat siap melaksanakan UNBK. Sarana dan prasarana pendukung ujian, jaringan internet, unit komputer, pengawas ujian, dan server telah dipersiapkan masing-masing sekolah penyelenggara.

“Kita bersyukur, semua persiapan UNBK SMA/MA sudah 100 persen siap. Kami juga sebelumnya berkoordinasi dengan pihak Telkomsel, provider internet lainnya dan PLN untuk berupaya, agar pelaksanaan UNBK pada jenjang pendidikan SMA/MA tidak terjadi gangguan. Selain itu, kita juga sudah mempersiapkan genset untuk mewanti-wanti kalau ada kendala mati lampu, ” terangnya.

Menurutnya, bukan hanya SMA saja begitu juga dengan kelima Madrasah Aliyah (MA)yang ada di Lahat, ada sebagian yang sudah melaksanakan UNBK berbasis komputer. Beberapa sekolah lainnya, masih menggunakan kertas dan pensil. Sekolah yang menggunakan kertas dan pensil tersebut, di antaranya MA di Tanjung Sakti dan MAN 2 Lahat yang berada di Desa Arahan Kecamatan Merapi Timur Lahat.

“Untuk semua persiapan sudah kita sampaikan serta mengingatkan dari jauh jauh hari. Baik, siswa SMA maupun MA agar menjaga kondisi fisik dan berdoa saat menggikuti UNBK nanti, ” tegas Baslani.

Untuk harapan sendiri, dikatakannya, semoga penyelwnggaraan UNBK tahun ini, dapat berjalan dengan lancar, walaupun ada sebagaian sekolah, seperti MA yang melaksanakan UNKP tentu juga diberi kelancaran.

“Insyaallah dan semoga tidak ada kendala dilapangannya. Sehingga, para siswa dapat mengerjakan UN dengan baik serta dapat nilai yang maksimal sesuai yang diharapkan, ” pungkas Baslani.(Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty + 11 =