Ricciardo Diganjar Hukuman Mundur Tiga Posisi Start Di Barcelona

Jakarta, jurnalsumatra.com – Pebalap Renault Daniel Ricciardo mendapat penalti mundur tiga posisi start pada balapan selanjutnya di Barcelona akibat terlibat insiden dengan pebalap Toro Rosso Daniil Kvyat di GP Azerbaijan, Minggu.

  Ricciardo dan Kvyat berusaha saling menyalip namun terlambat mengerem dan berhenti di area run-off Tikungan 3.

  Tak menyadari jika sang pebalap asal Rusia itu berhenti di belakangnya, Ricciardo menabrak mobil Kvyat ketika memundurkan mobilnya setelah kedua pebalap gagal mengantisipasi Tikungan 3 itu.

  Kedua pebalap gagal menyelesaikan balapan dan steward menyalahkan Ricciardo dengan memberikan penalti mundur tiga grid juga pengurangan dua poin.

  “Aku jelas tak merasa enak dengan apa yang baru saja terjadi,” kata pebalap Australia itu seperti dikutip Reuters, Minggu.

  Ricciardo telah meminta maaf kepada mantan rekan satu timnya di Red Bull dan mengaku dia yang bertanggungjawab penuh soal insiden tersebut. 

  “Segera setelah aku berhenti di jalan keluar aku kira aku terburu-buru dan sedikit panik… hanya mencoba meminimalkan kerusakan dan sedikit mungkin kehilangan waktu.”

  “Aku mundur dan jujur tidak tahu jika dia ada di sana. Aku kira karena terburu-buru aku tidak melihatnya,” kata Ricciardo. “Aku kira dia mampu memotong dan tetap berada di trek.”

  Ricciardo, yang menjadi juara di Baku pada 2017, gagal finis untuk ketiga kalinya musim ini. Dia hanya mampu sekali mengemas poin, seperti juga rekan satu timnya Nico Hulkeberg.

  Kvyat menerima permohonan maaf Ricciardo usai lomba.

  “Hal seperti ini terjadi, ini lah balapan seperti aku sering katakan ketika aku membuat kesalahan,” kata Kvyat, yang beberapa kali juga menyebabkan tabrakan dengan pebalap lain.(anjas)