Ridho: Pembangunan Perlu Stabilitas Keamanan Kondusif

    Bandarlampung, jurnalsumatra.com – Calon Gubernur Lampung petahana M Ridho Ficardo mengatakan bahwa pembangunan di Provinsi Lampung memerlukan situasi politik, hukum, dan keamanan yang kondusif dan baik.
“Pembangunan akan berjalan baik, salah satunya jika stabilitas keamanan terjaga,” kata Ridho, pada debat kandidat putaran ketiga (terakhir), di Bandarlampung, Jumat (11/5) malam.
Dalam debat ini tampil semua pasangan calon gubernur-wagub Lampung dalam Pilgub 27 Juni 2018, yaitu M Ridho Ficardo-Bachtiar Basri, Herman HN-Sutono, Arinal Djunaidi-Chusnunia, dan Mustafa-Ahmad Jajuli (hanya dihadiri Ahmad Jajuli karena Mustafa ditahan KPK).
Ridho memaparkan dalam mencapai visinya, yakni Lampung Semakin Maju, Sejahtera, dan Berdaya Saing 2024 diperlukan situasi politik, hukum dan keamanan yang kondusif.
Karena itu, pihaknya telah merumuskan dalam misi keempat, yaitu dengan memantapkan harmonisasi antarsuku, agama, dan ras serta peran serta masyarakat dalam pembangunan yang didukung pembinaan dan penegakan hukum.
Kemudian, kata Ridho Ficardo yang kembali berpasangan dengan cawagub Bachtiar Basri itu, juga memaparkan beberapa program prioritas, di antaranya adalah program pembinaan kesadaran hukum serta penegakan perda dan peraturan perundangan lainnya.
“Dengan program tersebut, alhamdulillah tahun 2017 Lampung meraih penghargaan Pembina HAM terbaik nasional dari Kementerian Hukum dan HAM,” katanya.

     Kemudian, program selanjutnya adalah  pembinaan kerukunan antarsuku, agama, ras dan antargolongan atau kelompok masyarakat.
“Dalam tiga tahun berturut-turut Lampung memperoleh penghargaan terbaik pertama nasional dalam penanganan konflik sosial,” ujarnya.
Selain itu, tidak kalah penting adalah program pengembangan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. “Dalam hal ini Provinsi Lampung dalam dua tahun berturut-turut memperoleh peringkat terbaik se-Sumatera dan peringkat kelima se-Indonesia dalam Indeks Ketahanan Nasional di daerah,” ujarnya.
Pasangan nomor urut satu Ridho Ficardo-Bachtiar Basri didukung oleh Partai Demokrat, PPP, dan Gerindra.
Ketua Umum Partai Demokrat sekaligus Presiden RI Keenam Susilo Bambang Yudhoyono sebelumnya sempat memberikan masukan dan motivasi kepada pasangan Ridho-Bachtiar untuk menghadapi debat kandidat bertema Politik, Hukum dan Keamanan.
KPU Lampung melaksanakan tiga kali rangkaian debat kandidat Pilgub Lampung yang disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi lokal dan nasional di Lampung.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 + seventeen =