Riski Riani Ditemukan Tidak Bernyawa

Lahat, Sumsel, jurnalsumatra.com – Karena kurang lancar berenang korban yang masih duduk dibangku Sekolah Dasar Negeri (SDN 36) Lahat ini, ditemuakan sudah tidak bernyawa lagi. Riski Riani (11) warga Desa Pagar Negara, Kabupaten Lahat, ditemukan dalam keadaan tenggelam dikolam Retensi tepatnya dibelakang Gedung Kesenian tak jauh dari Lapangan Ex MTQ, Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Kota Lahat.

Peristiwa tersebut, terjadi pada Sabtu (15/9/2018). Menurut data yang berhasil dikumpulkan dilapangan menyebutkan, awalnya pukul 13.30 WIB, korban Riski Riani bersama, Yunia Cipta (12), Nita Anggriani (12) bermain di seputaran area kolam retensi. Saat itu korban meminta kepada kakaknya, Laini Wati (12) untuk mandi dikolam Retensi.

Setiba di Tempat Kejadian Perkara (TKP) korban langsung mengajak teman temannya untuk mandi dikolam Retensi. Nah, saat itulah kawan kawannya berenang, tapi, Riski Riani tiba tiba tenggelam.

“Saat kami semua mandi dan berenang, tiba tiba kami menoleh kebelakang karena teriakan Riski Riani mintak tolong. Tapi, kami tidak bisa berbuat apa apa ketika teman kami itu tenggelam,” ungkap kakak korban Laina Wati (12) ditanyai dengan nada terpatah patah.

Mengetahui adik tenggelam, dirinya besama kedua temannya langsung meminta bantuan kepada warga sekitar yang melintas. Bahkan, wargapun berbondong-bondong membantu mencari korban yang tengelam di dasar kolam tersebut

“Ya, memang aku yang gendong adik aku, karena dia tidak bisa berenang. Ketika ditengah kolam seperti ada yang menarik kami, aku bersama dengan temanku menyelamatkan diri. Ketika sudah ditepian aku baru sadar adikku sudah tidak ada lagi,” kata, Laini Wati yang terlihat sangat sedih.

Karena teriakan rekan rekan korban, akhirnya mengundang warga lainnya yang saat itu melintas dilokasi. Lalu, salah satu warga berinisiatif menelpon Polres Lahat. Tak lama berselang, datang Tim SAR dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lahat.

Karena, kolam Retensi cukup dalam sehingga pencari korban yang dilakukan Tim SAR dibantu Polres Lahat, dan anggota Kodim 0405 Lahat serta masyarakat, cukup sulit. Tim pun tak berhenti melakukan pencari dengan menggunakan perahu karet dengan cara memutarkan mutarkan perahu dengan keinginan korban bisa dan mengapung kepermukaan air dan dibantu masyarakat dengan cara menggunakan jaring ikan, kawat berduri dan jala ikan, akhirnya Tim berhasil menemukan korban dalam keadaan meninggal dunia sekitar pukul 17.49 WIB sore.

Koban yang saat itu memakai gaun putih bermotif bunga, ditemukan sudah tak bernyawa oleh tim tiga jam kemudian. Laini dan Riski merupakan anak dari Zakari, warga Pagar Pagar Negara, Kecamatan Lahat. Riski Riani merupakan bocah kelas 5 SD LKMD Talang Jawa Lahat.

Sementara itu, Kapolres Lahat, AKBP Roby Karya Adi SIK membenarkan kejadian itu. Dijelaskannya, setelah ditemukan jasad korban langsung dibawah ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lahat.

“Jasad korban sudah dibawah ke RSUD Lahat, untuk dilakukan pemeriksaan, kemudian baru diantar kerumah duka untuk dikebumikan,” kata Kapolres Lahat. (Din

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × four =