Risma Dukung Gus Ipul-Puti Sinergikan UKM Antardaerah

     Surabaya, jurnalsumatra.com – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mendukung program cagub dan cawagub Jatim, Syaifuallah Yusuf dan Puti Guntur Soekarnoputri menyinergikan usaha kecil dan menengah (UKM) antardaerah di Jatim.
Tri Rismaharini, di Surabaya, Sabtu, menyatakan dengan adanya UKM bersinergi, maka secara tidak langsung bisa menghindari produk yang sama, sehingga bisa bersaing sehat di Jatim.
“Potensi UKM untuk menopang perekonomian di Jawa Timur sangat besar,” katanya.
Untuk itu, lanjut dia, pihaknya bersama Gus Ipul dan Mbak Puti sudah berkomitmen memajukan dan memperkuat sektor UKM untuk Jawa Timur lebih makmur.
Keinginan menyinergikan UKM tersebut juga disampaikan Risma saat mengunjungi Batik Pitutur, salah satu UKM batik di Desa Cerme Lor RT 002 RW 007 Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik, Jatim, Jumat (22/6).
Risma mengatakan Batik Pitutur selain memproduksi dan melayani pemesanan batik tulis, batik cap dan sebagainya, juga menyediakan pelatihan pembuatan batik, pendidikan dan pengenalan produksi batik di sekolah.
Saat ini yang harus didorong, lanjut Risma, menjadikan posisi UKM “naik kelas” yakni dengan cara memperbaiki banyak hal, di antaranya pengepakan/packaging, pemberian merk/ branding, desain, dan sebagainya termasuk legalitas dan perizinannya.

       “Kalau untuk batik, masalah motif, perwarnaan, dan kekhasan harus menjadi pertimbangan. Itu penting sebagai syarat agar produknya bisa menyasar pasar menenga atas,” kata Risma.
Kader PDIP ini mengungkapkan jika Surabaya mampu mendorong pertumbuhan UKM lebih baik lewat program Pahlawan Ekonomi. Saat ini sudah ada 10 ribu pelaku usaha yang bergabung dengan omzet di atas Rp10 juta hingga Rp50 juta perbulan.
“Salah satunya Batik Warna Ayu. Beberapa hari lalu produknya dibawa Oscar Lawalata (desainer kondang di Indonesia) untuk dipamerkan di Prancis,” kata Risma.
Tak hanya itu, Risma juga menyekolahkan tiga pelaku usaha muda yang tergabung dalam Pejuang Muda di Lembaga Pendidikan dan Pengajaran Tata Busana Susan Budihardjo. Saat ini, produk mereka sudah banyak terjual dengan harga relatif tinggi.
“Nanti kita akan sinergikan antara Surabaya dan Gresik, dan juga daerah-daerah lain di Jawa Timur. Kita akan berbagi peran. Dengan begitu, posisi UKM nanti akan semakin kuat dengan kolaborasi yang produktif,” kata Risma.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 2 =