Rombongan Wakasad Bukit Barisan Goes Ranah Minang

Tanahdatar, Sumbar, Jurnalsumatra.com – Dalam rangka memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat, maka pada 23 Februari 2020 Kodam I/Bukit Barisan  bersama dengan Korem 032/Wirabraja menyelenggarakan event “Bukit Barisan Gowes Ranah Minang 2020″ dengan Tema  “Melalui Bukit Barisan Gowes Ranah Minang 2020 Kita Bangkitkan Nilai Nilai Sosial dan Kebersamaan TNI Rakyat Menuju Kondisi Sehat dan Sejahtera”,  dengan Slogan  “Mangayuah Malinteh Kampuang”  yang akan dihadiri oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Tatang Sulaiman.,S.Sos.,M.Si. 

Adapun yang hadir dalam rombongan Wakasad Ahad (23/02/2020) adalah, 

1- Wakasat Letjen TNI Tatang Sulaiman.,S.Sos.,M.Si.

2- Pangdam I/BB Mayjen TNI MS.Fadhila.

3- Mayjen TNI Nurahmad.

4- Mayjen TNI Arif Rahman.,M.A

5- Asrena Mayjen TNI Hasanudin.,S.Ip.,MM

6- Irim Ijenad Brigjen TNI Darmono Susastro.

7- Kasdam I/BB Brigjen TNI Untung Budiharto.

8- Waasrena Brigjen TNI Heru Sudarminto.

9- Waaspam Brigjen TNI Djaka Budhi Utama.

10- Waasops Kasad Brigjen TNI Rifki.

11- Brigjen TNI Ignatius Yogo T

12- Brigjen TNI M.Munib.

13- Dirbekangad Brigjen TNI Helly Guntoro

14- Brigjen TNI Temas

15- Dirtopad Brigjen TNI Asep Edi Rosidin

16- Kadispsiad Brigjen TNI Edi Radityawara H.

17- Brigjen TNI Mirza Agus

18- Brigjen TNI Wawan

19- Danrem 032/WB Brigjen TNI Kunto Arif Wibowo.

20- Danrem 033/WP Brigjen TNI Gabriel Lema

21- Brigjen TNI Bambang Trisnohadi

22- Brigjen TNU Adi D

23- Brigjen TNI (Purn) Dr.Sutrisno

Serta sespri Wakasad dan seluruh Dandim.

Rombongan Wakasad bergerak dari Jam Gadang Bukittinggi pada pukul 06.00 Wib diperkirakan sampai di Istano Basa Pagaruyung sekitar pukul 08.48 Wib. Selanjutnya diteruskan ke titik Finish di Dermaga Singkarak. Kegiatan ini akan menempuh jarak sekitar 104 Km yang dibagi dalam 3 etape.

Etape 1 (Jarak 47 Km)

Jam Gadang – Pagaruyuang

Etape 2 (Jarak 35 Km)

Pagaruyuang – Batu Taba

Etape 3 (Jarak 22 Km)

Batu Taba – Dermaga Singkarak

Rombongan Wakasad tiba di Istano Basa  Pagaruyung sekitar pukul 07.48 Wib dan  disambut oleh Bupati Tanah Datar diwakili Sekda Irwandi, Dandim 0307/TD Letkol Inf Edi S Harahap,.S.Pd.M.I.Pol,  Ketua DPRD Tanah Datar H.Rony Mulyadi, Kapolres Tanah Datar AKBP Rokhmad Hari Purnomo.,S.I.K.,M.Si, Kajari Tanah Datar Hardijono Sidayat.,S.H.,M.H, Ketua Pengadilan Batusangkar, Ketua Pengadilan Agama Batusangkar, Kadis Parpora Abdul Hakim.SH.

Selanjutnya Wakasat beristirahat dan sarapan pagi bersama Porkopimda Tanah Datar di Lokasi Istano Basa Pagaruyung. 

Seterusnya wakasad juga memberikan bantuan sembako kepada 500 warga kurang mampu serta pemberian alat-alat tulis kepada pelajar Sekolah Dasar (SD). 

Dilanjutkan oleh ibu wakasad menyerahkan 4 buah Bola Voly kepada pemuda Pagaruyung dan menyerahkan pakaian layak pakai sebanyak 7 dus kepada warga kurang mampu. 

Dalam kesempatan ini Wakasad menyempatkan diri untuk naik ke Tingkat atas atau yang disebut anjuangan istano Basa Pagaruyung.

Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman mengatakan kebahagiannya karna dapat menginjakkan kaki ke Istano Basa Pagaruyung tempat pusat Budaya Alam Minang Kabau. Dan juga saya baru pertama kali menginjakan kaki di Tanah Datar dan langsung ke Istano Basa Pagaruyung yang merupakan peninggalan Sejarah Alam Minang Kabau. Ucap Tatang.

Ditambahkan lagi, saya juga mencintai budaya dan kita juga melewati daerah-daerah yang memiliki nilai budaya. Sambil kita bersepeda, dimana kita juga mengenal daerah yang pemandangannya indah. Kita juga bangga sebagai bangsa indonesia. Jalan yang kita lalui dari Bukittinggi menuju Tanah Datar sangat indah dan ada turunan panjang sekali, udaranya sejuk dan Asri. Mengenai bantuan yang saya serahkan tadi semoga bermanfaat bagi mereka yang menerimanya. Saya sangat menikmati liburan ini melihat keindahan Alam dan Istano Basa Pagaruyung. Ungkap tatang.

Dandim 0307/TD Letkol Inf Edi Sugianto Harahap.,S.Pd.,M.I.Pol mengatakan, ini adalah sebagai event besar dan kita harus berbangga karna Tanah Datar dapat kepercayaan, walaupun kita tidak mendapatkan star dan finish disini tetapi kita dapat dua pistop atau cek poin. Di Istano Basa Pagaruyung memangnya iconnya Sumatera Barat yang adanya di Tanah Datar, dan satu lagi di Batu Taba. Apalagi kegiatan ini tidak hanya bersepedaan saja tetapi juga ada Bakti Sosialnya.pungkas Dandim.

Banyak saya dengar dari masyarakat mereka sangat senang sekali diadakan event ini, apalagi dengan diadakannya event ini jalan kabupaten dan Provinsi yang sudah rusak bisa diperbaiki. Jalan yang harus belum diperbaiki sudah diperbaiki, dan ini sangat membantu masyarakat dan mengurangi kecelakaan lalulintas karna jalan rusak. Katanya lagi. 

Pesan Wakasat beliau sangat senang dan puas dengan acara ini karna rutenya pariatif, tidak moneton, tidak pleknya saja datar tetapi berfariasi, ada naik turunnya dan berkelok-kelok. Kelok yang sangat indah seperti ayam den lapeh, dan keindahan panorama yang ada di Tanah Datar ini. Kata Dandim Edi. 

Peserta Goes yang sudah terdaftar adalah sekitar 900 – 1000 peserta, dan masih ada dari masyarakat yang ikut meramaikan acara ini belum ada yang terdaftar dan mungkin ada lebih 1000 orang yang mengikuti acara ini.

Harapan saya kedepannya acara ini bisa diambil sebagai event tahunan, dan ini juga menggairahkan masyarakat serta partisipasi masyarakat khususnya pencinta sepeda. Nilai wisatanya sangat tinggi sekali, karna yang hadir bukan Sumatera Barat saja tetapi seluruh indonesia, bahkan dari seluruh kodam se-Indonesia hadir untuk menyaksikan Bukit Barisan Goes Ranah Minang 2020 ini.

Dan secara tidak langsung sudah mempublikasikan, mengespos bagaimana Tanah Datar yang ada Batusangkarnya dan Istanonya. Tegas Dandim dengan penuh semangat. 

Event ini terbuka untuk semua lapisan masyarakat. Gratis biaya pendaftaran dan berhadiah doorprize menarik. Kegiatan ini juga akan diisi dengan Baksos di setiap Cek Point (CP) yang akan dilewati, penebaran benih ikan di Danau Singkarak, demo Air Boat dan penanaman pohon  serta panggung hiburan rakyat yang menampilkan artis ibu kota.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan hadiah doorprize dan hadiah lomba karya tulis serta lomba foto grafer oleh Wakasad Letnan Jenderal TNI Tatang Sulaiman kepada para pemenang. (Myt)