Roni Mulyadi Dt Resmi Jabat Ketua DPRD defenitif

Tanahdatar, Sumbar, Jurnalsumatra.com – Palu pimpinan DPRD Tanah Datar secara resmi diserahkan Ketua Sementara Jhon Kompol kepada Ketua DPRD defenitif, H.Rony Mulyadi Dt. Bungsu, Senin (21/10/2019). Penyerahan palu pimpinan itu dilaksanakan dalam pengucapan sumpah atau janji pimpinan DPRD Tanah Datar periode 2019 – 2024 oleh pimpinan DPRD sementara.

Selain mengambil sumpah pimpinan DPRD defenitif, kegiatan juga dilansungkan pengambilan sumpah dan janji anggota DPRD Saidani dari partai keadilan sejahtera. Terlambatnya pengambilan sumpah dan janji satu orang wakil rakyat itu dikarena yang bersangkutan melaksanakan ibadah haji saat pelaksanaan pelantikan terhadap 34 anggota DPRD Tanah Datar lainnya yang dilaksanakan, beberapa waktu lalu.

Pengambilan sumpah dan janji terhadap H.Rony Mulyadi sebagai ketua DPRD, dan Anton Yondra.SE Sebagai Wakil ketua dipandu lansung oleh ketua pengadilan negeri Batusangkar, Tiwik.SH M Hum. Sementara, pengambilan sumpah dan janji terhadap Saidani dilakukan oleh pimpinan DPRD defenitif yang baru dilantik.

Dalam sambutannya, H.Rony Mulyadi menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada partai politik yang telah mempercayakan jabatan pimpinan DPRD dan Wakil ketua. Dihadapan anggota DPRD dan tamu undangan lain, Ia mengaku, akan memperjuangkan dan mengimplementsikan visi dan misi parpol sebagai penyambung lidah rakyat di parlemen.

DPRD sebagai penyelenggara pemerintah, Wakil rakyat juga bertugas menyalurkan aspirasi masyarakat dan melahirkan kebijakan kebijakan daerah, serta melakukan pengawasan jalannya pemerintah daerah.

“Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah memberikan gambaran hubungan pemerintah daerah dengan DPRD setara dan bersifat kemitraan. Institusi ini tidak mengenal hubungan secara hirarki melainkan bersifat kordinatif dan kerjasama. Masing masing memiliki jalur tugas dan wewenang yang tidak dapat diintervensi, ” ucapnya.

Dalam memaksimalkn tugas pokok dan fungsi kedewanan, Rony Mulyadi berharap hubungan kemitraan antara DPRD dan pemerintah daerah dapat berjalan dengan baik. menurutnya, hal ini guna mewujudkan visi dan misi masyarakat Tanah Datar yang sejahtera.

Pada kesempatan tersebut, ia juga mengatakan jika banyaknya agenda daerah serta agenda kedewanan yang perlu adanya percepatan pelaksanaan pembahasan, baik oleh DPRD maupun pemerintah daerah. Agenda tersebut diantaranya, pembentukan alat kelengkapan dewan, pembentukan komisi, badan anggaran, badan musyawarah, badan legislasi dan badan kehormatan DPRD. Selain itu juga perlu adanya percepatan penyusunan rencana kerja DPRD untuk tahun 2020 serta penyusunan program pembentukan peraturan daerah tahun 2020.

“Yang mendesak saat ini adalah pembahasan ranperda APBD tahun 2020,” tutupnya.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi mrngucapkan selamat atas dilantiknya ketua DPRD Tanah Datar defenitif. Bupati juga berharap dengan dilantik dan diambil sumpahnya pimpinan DPRD yang baru, kedepannya dapat terjalin sinergisitas antara DPRD dan pemerintah daerah.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan jika Tanah Datar baru menerima penghargaan WTP dari pemerintah pusat, dengan nilai tertinggi. Dari 19 kabupaten kota, hanya Tanah Datar meraih nilai tertinggi.

“saya ucapkan selamat kepada Rony Mulyadi sebagai ketua DPRD, dan saudara Anton Yondra sebagai wakil ketua DPRD, serta Saidani sebagai anggota DPRD Tanah Datar, meski terlambat satu atau dua bulan,” ucap Bupati Irdinansyah Tarmizi. (Myt)