Rote Ndao Terbitkan Perbup Penangulangan Peredaran Narkoba

     Kupang, jurnalsumatra.com – Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Nusa Tenggara Timur, mengapresiasi pemerintah Kabupaten Rote Ndao  yang menerbitkan peraturan bupati (Perbup) pendeteksian dini peredaran gelap narkotika dan obat-obat terlarang di wilayah terselatan Indonesia itu.
“Hanya satu-satunya kabupaten/kota di NTT yang menerbitkan peraturan bupati dalam upaya penanggulangan peredaran narkoba,” kata Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi NTT, Muhamad Nur ketika ditemui Antara di Kupang, Jumat.
Ia menjelaskan, wilayah Kabupaten Rote Ndao yang berbatasan langsung dengan Australia masuk dalam area rawan terhadap masuknya narkoba.
“Apalagi daerah itu juga ramai dikunjungi wisatawan asing sehingga rawan adanya peredaran narkoba,” tegas Nur.
Kuatnya komitmen pemerintah Kabupaten Rote Ndao dalam upaya memberantas peredaran narkoba, sehingga daerah itu telah memiliki Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK).
Sejak perbup diberlakukan berbagai upaya penangulangan peredaran narkoba gencar dilakukan pemerintah setempat.

     “Dukungan pemerintah daerah ini sangat besar dalam upaya penangulangan narkoba, karena tidak semua daerah di NTT yang membuat Perbup penangulangan narkoba. Untuk Provinsi NTT saja belum ada Perdanya,” tegas Nur.
Ia mengatakan, berbagai upaya penangulangan peredaran narkoba melalui sosialisasi pemberantasan narkoba bagi kelompok rentan serta pemeriksaan urin terhadap aparatur pemerintah dan lingkungan pendidikan serta kelompok rentan pemakai narkoba.
Menurut dia, pemberantasan narkoba tidak saja menjadi tugas BNN namun semua pihak perlu turun gunung dalam penangulangan peredaran gelap narkoba.
“Pengguna narkoba selama ini didominasi usia produktif sehingga perlu ada gerakan bersama di NTT dalam upaya penangulangan narkoba. Langkah pemerintah Rote Ndao menerbitkan Perbu sebagai langkah poitif yang perlu dilakukan juga di daerah lain di NTT,” tegasnya.(anjas)

Leave a Reply