RSUD Mitra Sehat Perlu Pembenahan

     Minahasa Tenggara, jurnalsumatra.com – Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mitra Hebat yang berada di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, masih memerlukan pembenahan.
“Tenaga kerja dan peralatan rumah sakit, yang baru memulai pelayanannya perlu ditambah,” kata Direktur RSUD Mitra Sehat Stanley Roroing di Ratahan, Selasa.
Dia mengungkapkan, untuk tenaga medis yang melakukan pelayanan di rumah sakit tersebut baru berjumlah 6 orang yang bertugas di poliklinik rawat jalan.
“Sampai saat ini hanya enam orang yang bertugas di RSUD, sudah termasuk dengan saya. Jadi selain melaksanakan pelayanan kesehatan kami juga melakukan tugas lainnya seperti administrasi sampai membersihkan rumah sakit,” ujarnya.

Stanley menambahkan untuk memaksimalkan pelayanan, pihaknya akan meminta bantuan tenaga medis ke Puskesmas.
Sementara itu terkait dengan fasilitas penunjang, menurut Stanley masih perlu penambahan peralatan medis dan sarana lainnya.
“Masih ada juga yang perlu dilengkapi untuk mendukung pengoperasian rumah sakit, seperti peralatan kesehatan, fasilitas untuk rawat inap, sampai ke instalasi gizi, dan farmasi,” ujarnya.
Selain itu menurutnya penataan terhadap administrasi seperti pelaksanaan sistem jaminan kesehatan, asuransi, penganggaran, serra aturan dalam rumah sakit.
Pihak pemerintah kabupaten (Pemkab) pada tahun 2018 menyiapkan anggaran Rp 3 Miliar untuk menyiapkan sejumlah fasilitas pendukung RSUD Mitra Sehat.
“Tahun ini ada anggaran sebesar tiga miliar untuk melengkapi sarana pendukung rumah sakit seperti alat kesehatan, dan sarana untuk rawat inap,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Minahasa Tenggara Robby Ngongoloy.(anjas)

Leave a Reply