RSUD Rabain Muaraenim Tidak Ada Tunggakan BPJS

MUARAENIM, Sumsel, jurnalsumatra.com – Ribuan pasien yang berobat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. HM. Rabain Muaraenim dan ada beberapa penyakit dominan yang diderita oleh masyarakat berobat menggunakan kartu BPJS Kesehatan dari bulan Januari sampai dengan bulan Agustus 2018.

“Namun, hingga saat ini untuk tunggakan tidak ada, paling masalah obat generik kadang-kadang habis dan kita ganti yang paten,” tambah Plt. Direktur RSUD HM Rabain Muaraenim ketika ditemui jurnalsumatra.com Kamis (20/9/2018) melalui Kepala Bidang Pelayanan Medik, dr. Elda Rusmita Sp.PA.

Dijelaskan Elda di ruang kerjanya, bahwa masyarakat yang berobat di RSUD Dr HM Rabain Muaraenim, berasal dari beberapa kabupaten dan kota karena merupakan rumah sakit Type B rujukan, dan penyakitnya juga bermacam-macam yang setiap harinya terus berubah-ubah baik yang melakukan rawat inap maupun rawat jalan.

“Semisal dari bulan Januari hingga bulan  Agustus 2018 melalui BPJS Kesehatan untuk rawat jalan yang paling tinggi adalah rehabilitasi medik ada sekitar 6000 orang, Penyakit ginjal kronik 1468, Bedah 1125 orang, CVD (stroke) 1006 dan Myopia (mata rabun) 777 orang,” urainya

Lebih jauh dijelaskannya, kalau untuk rawat inap yang paling tinggi Tipes 695 orang, Diare 653 orang, Bayi Lahir dengan operasi caesar 392 orang, Tumor 276 orang dan Bayi lahir spontan 240 orang. Pokoknya prinsip BPJS Kesehatan itu, bagaiman pasien mendapatkan pelayanan dan pengobatan tidak perlu bayar lagi. (DAFRI. FR)

Leave a Reply