Ruang Rapat DPRD Muba Dipasang Kunci Gembok

Muba, Sumsel, jurnalsumatra.com – Perubahan kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) sejak tahun belakangan ini patut diacungi jempol. Baik sisi keamanan, penataan ruangan kantor dan halaman parkir, maupun bangunan pagar dan musholah.

Tidak hanya itu, kantor  wakil rakyat yang dijaga ketat oleh puluhan Pengamanan dalam (Pemdal) tersebut belum lama ini tersedia media center.

Tapi sayangnya, pintu ruang rapat paripurna gedung DPRD Muba masih menggunakan gembok jenis globe atau kunci gantung yang hari gene terbilang jarang digunakan orang untuk gembok bedeng maupun rumah pribadi.

Hal ini menarik perhatian masyarakat bahkan menjadi pertanyaan Sujarnik salah seorang aktivis Muba asal Kecamatan Sungai Keruh. Sebab menurut dia anggaran belanja langsung maupun tidak langsung pada DPRD Muba ditahun 2016-2017 mencapai puluhan miliyar rupiah.

“Diduga kuat ini terjadi korupsi. Bayangkan pada tahun 2016 anggaran untuk belanja langsung maupun tidak langsung yang dikelolah Sekretaris dewan (Sekwan) DPRD Muba sebesar Rp 86 miliyar rupiah. Kemudian ditahun 2017 mencapai 96 Miliyar rupiah, belum lagi ditambah dana untuk DPRD 19 miliyar rupiah, ini dinilai tidak sesuai dengan penggunaan uang tersebut. Se-andainya digunakan untuk pembangunan atau renovasi, tidak terlihat fisik bangunan yang mewah.

Lihat saja pintu ruang rapat paripurna anggota dewan hanya dipasang kunci jenis Gembok globe. Ini memalukan, sebab digunakan untuk gembok bedeng saja kunci seperti itu terbilang jarang apalagi rumah pribadi, paling sekarang ini kunci sejenis itu digunakan orang untuk pondok kebun.”Kata Sujarnik.

Menurut Sujarnik dugaan korupsi ini sudah ia laporkan ke- Kejari Sekayu namun tidak ada realisasi.”Sebenarnya dugaan korupsi ini sudah saya laporkan ke Kejari Sekayu, namun tidak ada realisasi. Maka dalam waktu dekat ini rencana saya akan melapor ke-Kejagung. Disini kita berharap pihak Kejagung kroscek ke-lapangan guna melakukan penyidikan dan penyelidikan.”Harapnya.

Sementara hingga berita ini diturunkan Sekwan DPRD Muba Tabrani Rizki belum berhasil ditemui guna dimintai keterangan.(Rafik Elyas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − thirteen =