Samarudin Jabat Ketua DPRD Lahat

Lahat, Sumsel, jurnalsumatra.com – Akhirnya tongkat ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lahat, secara resmi dipegang Samarudin SH.

Jabatan ketua Dewan yang sebelumnya disandang Herliansyah SH MHum, harus hengkang dari kursi tersebut. Dikarenakan, memundurkan diri dan ikut dalam pertarungan Pilkada pada 27 Juni 2018 lalu.

Dikarenakan terbentur aturan, putra asli Kikim Area Lahat ini, harus dilakukan PAW. Sehingga, jabatan Ketua DPRD Lahat 2014-2019 direlakan untuk dipegang oleh Samarudin SH, Selasa (21/8/2018), kemarin melalui sidang Paripurna sekaligus pengambilan sumpah jabatan di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lahat.

Pengambilan sumpah jabatan itu, bukan hanya untuk Samarudin SH, juga Sri Marhaeni juga diambil sumpahnya dalam mengantikan Wakil Ketua DPRD Lahat yang sebelunnya di jabat oleh Drs Parhan Berza MM MBA.

Bahkan setelah dilakukan pelantikan, Samarudin SH menerima palu yang diberikan oleh Plt Ketua DPRD Kabupaten Lahat, Dedi Candra sebagai tanda Samarudin resmi menjabat Ketua DPRD Kabupaten Lahat sampai dengan tahun 2019 mendatang.

Bupati Lahat, H Saifudin Aswari Rivai SE yang hadir dalam pelantikan Ketua DPRD Kabupaten Lahat PAW, mengatakan dan mengucapkan selamat atas dilantiknya, PAW Ketua dan Wakil Ketua DPRD Lahat, periode 2014-2019.

“Pemda Kabupaten Lahat mengucapkan selamat kepada Samarudin SH yang sudah dilantik menjadi Ketua DPRD Kabupaten Lahat dalam PAW. Dan saya mengucapkan terima kasih kepada Plt Ketua DPRD Lahat, Dedi Candra yang sudah melaksnakan tugasnya dengan sangat baik,”kata Aswari.

Menurut orang nomor satu Pemimpin Lahat ini, dengan dilantiknya PAW Ketua DPRD Lahat ini, diharapkan dapat bekerjasama dalam menjalankan administrasi sekaligus pembahasan anggaran Kabupaten Lahat.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat Ketua DPRD Lahat yang baru dilantik. Berjalanlah selangka demi selangka, sebab, jabatan ketua masih cukup panjang, ” pesan Aswari.

Sementara, ketua DPRD Lahat yang baru dilantik menegaskan, dirinya siap menjalankan amanah ini sebaik mungkin, sehingga kedepan lembaga legislatif ini, mampu memberikan kontribusi baik kepada rakyat, pun dengan instansi pemerintah.

“Kita menginginkan selaras berkesinambungan, tidak ada kesengajangan dan jarak. Selain itu, dirinya tetap meminta nasehat, masukan, kritik serta saran kepada rekan seprofesi. Tidak lupa senior di Partai PDIP,” jelas Samarudin SH, dalam sambutannya.

Ditambahkannya, yang intinya lembaga ini akan dekat dengan rakyat, dalam menampung, mendengar dan menjalankan aspirasi, supaya ditindak lanjuti menjadi program kerja, untuk membantu masyarakat dari segala aspek.

“Bukan hanya sekedar duduk, rapat semata, melainkan bagaimana kita diberikan mandat dari rakyat, agar dituangkan kedalam program kerja, agar dimata warga lembaga terhormat ini tetap konsisten menyuarakan rakyat, ” imbuhnya lugas. (din)

Leave a Reply