Sandiaga Lihat Sungai Cileungsi Yang Tercemar

Bogor, jurnalsumatra.com – Calon Wakil Presiden RI nomor urut 2 pasangan Calon Presiden Prabowo Subianto, Sandiaga Salahuddin Uno melihat Sungai Cileungsi di Kabupaten Bogor yang tercemar limbah pabrik
“Sungai Cileungsi yang tercemar secara masif ini adalah pencemaran lingkungan yang sudah begitu parahnya mulai dari jam delapan malam sampai subuh dirasakan sekali oleh warga sini bau yang menyengat,” kata Sandiaga, di Kabupaten Bogor, Rabu.
Menurutnya, pencemaran yang terjadi di Sungai Cileungsi bukan pencemaran biasa, sudah dilakukan secara sistemik yang melibatkan pabrik-pabrik besar yang membuang limbahnya dan sekarang habitat di sungai terganggu.
“Saya ingin mendorong penindakan yang tegas, Prabowo-Sandi Insya Allah secara tidak kompromi akan hadirkan pemerintahan yang kuat dan tegas menindak, memastikan menindak para pelanggar yang membuang limbah sembarangan ini,” kata mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu pula.

   Dia menegaskan tidak takut, meskipun pabrik besar yang membuang limbah tersebut. Saat ini, Srikandi Sayang Sungai (S3) pernah berdemo di depan pabrik yang membuang limbah, tapi tidak pernah dihiraukan aparat.
Bahkan sampai saat ini pabrik-pabrik besar masih membuang limbahnya di Sungai Cileungsi dan akibatnya sungai tercemar dan terlihat kotor.
“Saya ke depan ingin Srikandi Sayang Sungai ini bisa menjadi mitra pemerintah dalam suatu kemitraan pemerintah, dunia usaha dan masyarakat,” kata Cawapres yang didukung Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Demokrat.
Selain itu, kawasan tersebut didorong untuk menghadirkan lapangan kerja berbasis lingkungan hidup, katanya lagi.(anjas)

Leave a Reply