Santri Garut Deklarasi Mendukung Jokowi-Maruf Amin Memimpin Indonesia

Garut, jurnalsumatra.com – Ribuan santri dari berbagai pondok pesantren beserta tokoh masyarakat di Kabupaten Garut, Jawa Barat, menggelar deklarasi memberikan dukungan kepada pasangan Calon Presiden Joko Widodo (Jokowi)-KH Maruf Amin untuk menjadi pemimpin bangsa Indonesia, di Lapangan Kerkof, Garut, Kamis.
Ketua Relawan Ngahijikeun Garut juga salah satu kelompok penyelenggara deklarasi, Ceng Mujib mengatakan, acara tersebut merupakan doa bersama sekaligus deklarasi untuk memenangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf dalam Pemilihan Presiden 2019.
“Acara ini adalah doa bersama untuk keselamatan bangsa sekaligus deklarasi bersama dari semua komponen elemen masyarakat Garut,” kata Ceng Mujib.
Ia menuturkan, doa bersama dan deklarasi itu dihadiri santri, ulama, tokoh masyarakat, perwakilan partai politik, organisasi masyarakat dan berbagai elemen masyarakat lainnya yang diperkirakan berjumlah 30 ribuan orang.
“Yang hadir dari berbagai pesantren di Garut, diperkirakan puluhan ribu, sekitar tiga puluh puluh ribuan,” katanya.
Ia menjelaskan, doa bersama di Garut itu sebelumnya akan menghadirkan pendakhwah ternama Habib Muhammad Luthfi, namun berhalangan hadir.
Acara tersebut, kata dia, diwakili oleh ulama dan kiai ternama lainnya untuk memberikan pencerahan agama dan mengajak umat untuk membangun bersama bangsa Indonesia.
Ketua Relawan Jokowi Deui (JKD) Joko Suranto menambahkan, keberadaan santri dalam acara deklarasi tersebut sebagai wujud kecintaan terhadap negeri.
Joko menyampaikan kepada santri maupun seluruh elemen masyarakat yang hadir untuk bersama-sama melawan kabar bohong, dan menyebarkan kebaikan kepada masyarakat luas.
“Program RJD ini menyampaikan kebaikan, lakukan kebaikan, kalau ada informasi ‘hoaks’ jadikan sebagai pupuk, meskipun bau tapi memberikan manfaat,” katanya.
Acara tersebut disambut antusias para santri dan santriwati yang memadati lapangan depan panggung untuk mendengarkan ceramah dan orasi dari beberapa perwakilan penyelenggara.(anjas)

Leave a Reply