Satpam PT EKA JAYA Gelar Aksi Demo

Lahat, jurnalsumatra.com –  Lagi. Aksi protes terhadap perusahaan yang ada di Bumi Seganti Setungguan ini, rasanya tak ada pernah kunjung selesai. Seperti yang dilakukan oleh Ratusan Securiti PT Eka Jaya, pada Kamis (3/1/2019), kemarin.

Demo yang digelar oleh ratusan pasukan pengamanan perusahaan yang bergerak di Kelapa Sawit, berlokasi di Kecamatan Kikim Area, Kabupaten Lahat.

Dalam orasi ratusan massa tersebut, dilakukan dihalaman Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lahat, sekitar pukul 09.00 WIB, menyampaikan aspirasi mereka agar pihak Pemkab Lahat dapat menyelesaikan persoalan yang dihadapi ratusan Securiti dengan perusahaan PT Eka Jaya.

Massa yang berjumlah lebih kurang 100 orang ini, menuntut terkait kelebihan jam kerja sejak Tahun 2011 – 2018 yang sampai sekarang tak kunjung dibayar oleh perusahaan yang bergerak dibidang Kelapa Sawit itu.

“Kami sudah cukup sabar, untuk menuntut hak kami. Tapi, disini terlihat tidak ada etika baik dari Perusahaan PT Eka Jaya. Kami hanya menuntut kelebihan jam kerja sejak tahun 2011 – 2018 yang sampai sekarang tak kunjung dibayar oleh Perusahaan yang ada, ” kata Fauzi Azwar selaku Ketua Gabungan Serikat Buruh Indonesia, dalam Orasinya, kemarin.

Jadi, aksi protes yang dilakukan ini, sambung Fauzi, sebagai bentuk kekecewaan ratusan Securiti terhadap pihak perusahaan PT Eka Jaya yang dinilai sampai sekarang tidak ada etikat baik terhadap pembayaran kelebihan jam kerja selama ini.

“Terus terang kami sudah sangat kecewa sekali. Karena, sudah sering persoalan ini kami sampaikan ke pihak Perusahaan, namun, tidak ada tanggapan. Untuk itu kami melakukan aksi ke Pemkab Lahat agar dapat membantu dan memanggil pihak perusahaan guna menyelesaikan persoalan yang telah menahun tak kunjung selesai ini, ” pintak Fauzi dalam aksinya.

Tak dari aksi damai disampaikan ratusan Securiti ini, yang langsung ditangkapi oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Pemerintah Kabupaten Lahat yang diwakili Asisten I Ramsi, Kepala Disnaker, Polres Lahat, Kodim 0405 Lahat, perwakilan pendemo diajak mediasi diruangan Asisten I Pemkab Lahat.

Kepala Disnaker H Ir. Ismail Hanafi mengakui memang banyak persoalan yang ada di perusaahan belum ada penyelesaian baik itu dari pekerjanya maupun masyarakat di sekitar Perusahaan.

“Nah, dengan hadirnya para pekerja khususnya pasukan Securiti PT.Eka Jaya yang telah dirugikan oleh pihak perusahaan dapat dimusyawarakan untuk dapat segera diselesaikan,’’ ujarnya.

Kesimpulan akhir dari pertemuan dengan perwakilan pendemo Forum Kordinasi Pimpinan Daerah melalui Asisten I Ramsi siap memfasilitasi dan memanggil pihak perusahaan agar segera mungkin dapat diselesaikan apa yang menjadi tututan para pendemo.

“Insya Allah, terkait persoalan yang ada kita dari Pemkab Lahat akan memanggil pihak perusahaan PT Eka Jaya, guna menyelesaikan tuntutan yang disampaikan ratusan Securiti tersebut, ” janji Ramsi. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − 5 =