Satpol PP Belitung Tindak Aktivitas TI Ilegal

Tanjung Pandan, Babel, jurnalsumatra.com – Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung segera menindak tegas aktivitas tambang timah ilegal telah mencemari kolong sumber air baku Instalasi Pengelolaan Air (IPA) 40 PDAM Belitung.
“Karena ini menyangkut aset kita, untuk kepentingan masyarakat umum maka akan kami tindak tegas,” kata Kasatpol PP Kabupaten Belitung Mirang Uganda, di Tanjung Pandan, Senin.
Menurut dia, dalam waktu cepat pihaknya akan menerjunkan personel guna mengecek lokasi keberadaan tambang timah ilegal tersebut.
Sebelumnya, pihaknya juga telah beberapa kali mengamankan dan menindak aktivitas tambang timah ilegal di sekitar lokasi tersebut.
“Dulu sudah berulang kali dan pernah kami amankan satu mesin di daerah itu juga, tetapi ini kembali lagi beroperasi,” katanya pula.

   Direktur PDAM Belitung Erwinta mengatakan akibat beroperasi tambang tersebut, pihaknya terpaksa menghentikan sementara distribusi air bersih kepada sejumlah pelanggan.
“Ada sekitar 800 pelanggan yang distribusi air bersihnya kita hentikan sementara, karena kolong sumber air baku tersebut dalam kondisi tingkat kekeruhan yang tinggi. Kami juga sudah lakukan pengolahan namun tetap keruh, jadi tidak layak kami distribusikan ke pelanggan,” ujarnya.
Ia berharap penambangan bisa ditindak tegas, sehingga kondisi kolong sumber air baku tersebut kembali normal.
“Butuh waktu yang cukup lama agar airnya bisa jernih kembali, asalkan tidak diganggu aktivitas tambang dan curah hujan tinggi. Namun kami terus upayakan beberapa pengolahan air,” katanya. (anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 − two =