Satpol PP NTB Bersih-Bersih Pantai Melase Senggigi

Lombok Barat, NTB, jurnalsumatra.com – Satuan Polisi Pamong Praja Nusa Tenggara Barat  bersih-bersih Pantai Melase Senggigi, Kabupaten Lombok Barat, dari sampah, sebagai rangkaian puncak HUT Ke-70 Satpol PP dan HUT Ke-58 Linmas se-Indonesia di Kota Mataram, 3 Maret 2020.

  Aksi bersih-bersih di Pantai Melase di kawasan wisata Senggigi pada Jumat (28/2) itu, diikuti perwakilan seluruh perangkat daerah Provinsi NTB dengan melibatkan berbagai lapisan masyarakat, seperti organisasi dan para pelaku pariwisata, mahasiswa, pelajar, dan masyarakat sekitar.

  “Aksi bersih-bersih ini digelar sebagai wujud komitmen Pemprov NTB menyukseskan program unggulan ‘zero waste’ atau bebas sampah,” kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi NTB Lalu Dirjaharta.

  Dia mengatakan aksi tersebut merupakan pengamalan program unggulan “zero waste” yang harus didukung Satpol PP NTB karena merupakan bagian dari tugas satuan itu dalam mendukung program pemerintah dan menjaga keamanan, kenyamanan, serta ketertiban daerah.

  “Ketika keamanan, ketertiban, dan kenyamanan telah terwujud, maka investasi dan perputaran ekonomi masyarakat akan lancar,” katanya.

  Pada kegiatan itu, para pelaku wisata, seperti Asosiasi Pengusaha Hiburan (APH) Kawasan Senggigi juga mengerahkan hingga 170 anggotanya untuk mengikuti aksi tersebut.

  Ketua APH Senggigi Suherman menyatakan aksi ini juga salah satu ikhtiar revitalisasi kawasan wisata Senggigi pascagempa.

  Sebelumnya, Pemprov NTB bersama Pemkab Lombok Barat menggelar pertemuan dengan para pelaku wisata di Senggigi membahas rencana pemulihan dan penggaungan kembali pesona kawasan Pantai Senggigi yang meredup pascagempa 2018.

  Ia berharap, aksi bersih-bersih pantai seperti itu rutin, tak hanya untuk mempercantik kawasan wisata Senggigi, akan tetapi meningkatkan kunjungan wisata.

  Dari target 4,5 juta wisatawan ke NTB pada 2020, ia berharap, 30 persen mereka mengunjungi Senggigi.

  “Awal tahun ini kunjungan wisata memang sedikit menurun, makanya diharapkan dengan aksi seperti ini bulan-bulan berikutnya akan meningkat,” katanya.

  Berbagai rangkaian kegiatan menyambut HUT Satpol PP dan Linmas di Provinsi NTB, di antaranya bersih-bersih pantai, donor darah, bazar UMKM, “gala dinner”, dan Rakornas Satpol PP, selama 21 Februari hingga 3 Maret 2020.(anjas)