Satreskrim Banjarmasin buat terobosan baru melalui “WA Let’sApp”

Banjarmasin, jurnalsumatra.com – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Banjarmasin membuat terobosan baru melalui “WA Let’sApp” terkait dengan laporan masyarakat atas gangguan kamtibmas melalui WhatsApp.

  “Jadi, kami punya nomor WhatsApp spesial untuk masyarakat Kota Banjarmasin, jadi apabila ada gangguan Kamtibmas langsung saja lapor ke WA Let’sApp,” ucap Kasat Reskrim Polresta Banjarmasin AKP Alfian Tri Permadi di Banjarmasin, Selasa (11/8).

  Dia menjelaskan masyarakat bisa memberikan laporan via WA ke nomor 082211772007 dan dijamin identitas bagi yang menginformasi atau dirahasiakan.

  Program itu sudah satu minggu berjalan di mana aplikasi tersebut lebih condong kepada aplikasi WA, untuk masyarakat bisa memanfaatkan layanan kepolisian.

  Ia menjelaskan terobosan itu dibuat melalui proses evaluasi dari lingkungan masyarakat setempat yang mana lebih banyak menggunakan aplikasi WA dibandingkan dengan medsos lainnya dalam menginformasikan suatu kejadian.

  “Kami melihat peran serta masyarakat menjadi faktor utama dalam penegakan ketertiban kamtibmas sehingga ide membuat WA Let’sApp ini muncul dan lapor melalui WA ini tidak akan rumit seperti aplikasi lainnya,” ujar alumnus Akpol 2007 itu.

  Alfian mengatakan dari sekian banyak media sosial, terlihat mayortitas masyarakat menggunakan WA. Masyarakat juga lebih antusias dalam menyampaikan atau memberikan informasi melalui aplikasi WA.

  “Banyak masyarakat begitu ada kejadian langsung lapor ke grup WA sehingga kami memberikan tempat apabila ada gangguan kamtibmas atau mau konsultasi terkait tindak pidana bisa langsung ke WA Let’sApp,” tutur perwira pertama yang pernah menjabat sebagai Kapolsek Banjamasin Timur itu.

  Ia mengatakan apalagi aplikasi WA yang banyak digunakan cukup lengkap, termasuk adanya layanan berbagai lokasi.

  “Jadi, ketika masyarakat memberikan laporan kejadian bisa menyertakan data dan lokasi bahkan video sehingga memudahkan kinerja pihak kepolisian saat melakukan penyelidikan di lapangan,” katanya

  Pihaknya berharap, adanya peran serta masyarakat yang aktif dalam memberikan informasi melalui WA Let’sApp.

  “Jangan takut dan khawatir kerahasiaan pasti dijaga dan aman, jadi jangan ragu lagi jika memberikan informasi ke melalui WA Let’sApp,” katanya.

  Ia menyatakan tentang layanan itu selama 24 jam oleh petugas.

  “Layanan WA Let’sApp termonitor selama 24 jam oleh piker satreskrim, jadi silakan masyarakat yang ingin lapor atau hanya sekadar konsultasi pasti selalu dilayani dengan baik. Sekali lagi saya imbau kepada masyarakat ‘save’ nomor WA Let’sApp agar apabila nanti ada kejadian atau yang membutuhkan polisi hadir silakan lapor ke nomor 082211772007,” ucapnya.(anjas)