Satreskrim Berhasil Ungkap Mobil Yang Hilang


Lahat, jurnalsumatra.com – Akhirnya team gabungan Satreskrim Polres Lahat dengan anggota Polsek Merapi Area Lahat, berhasil membongkar dan mengungkap atas hilangnya satu unit mobil Avanza milik salah satu pemudik beberapa hari lalu.

Sungguh miris raibnya mobil Avanza dengan Nomor Polisi (Nopol) B 1364 ZFJ milik Murniati ini saat sedang istirahat akibat kelelahan setelah menempuh perjalanan jauh dari Jawa Barat dengan tujuan Sumatera Barat.

Peristiwa tersebut, terjadi pada Minggu (2/6/2019), akibat hilangnya mobil Avanza milik Pemudik ini, membuat Team Reskrim Polres dan Polsek Merapi bekerja ektra keras agar dapat menemukan mobil tersebut.

Informasi berhasil dikumpulkan dilapangan menyebutkan, awalnya kendaraan milik korban yang dibawa kabur pelaku rupanya kembali melintas lagi di lokasi hilangnya mobil pertama kali.

Berkat kejelihan mata petugas di pos pam mudik di Merapi Timur, mobil curian yang melintas akhirnya dikejar menggunakan mobil dinas serta satu lagi mobil pribadi milik petugas.

Dalam pengejaran yang dilakukan, personil gabungan pimpinan langsung Kapolsek Merapi AKP Herli Setiawan SH. MH dan Kasat Reskrim Polres Lahat AKP Satria Dwi Darma SIK terpaksa menembaki kendaraan yang dibawa pelaku yang diduga berjumlah satu orang.

Dalam aksi kejar kejaran yang dilakukan, sedikitnya lima kali tembakan dikeluarkan polisi, namun tak sedikit pun digubris pelaku, petugas juga sempat menghadang laju mobil milik korban menggunakan kendaraan dinas namun pelaku masih nekat membawa kabur avanza berwarna hitam metalik ini.

Parahnya lagi, walau salah satu ban mobil tembus oleh peluru tajam milik petugas pelaku masih juga melajukan kendaraannya dengan sangat kencang.

Tepatnya di Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muara Enim aparat kepolisian sempat kehilangan jejak. Diduga pelaku berhenti dan bersembunyi untuk mengganti ban yang sudah bocor akibat peluru petugas.

Beruntung tak berselang lama, mobil yang dikendarai pelaku kembali ke luar mengarah ke Kota Prabumulih. Anggota polisi yang menerima kabar ini pun langsung melakukan pengejaran kembali.

Puncaknya, sesampainya di Desa Sindur kendaraan milik korban Murntiati ini kehabisan bensin. Mungkin karena sudah tersudut, pelaku kemudian memberhentikan laju kendaraannya dan masuk ke halaman parkir salah satu rumah warga setempat.

Termasuk untuk keahlian tersangkapun patut diapresiasi karena, bisa menghilangi jejak dari Anggota Reskrim. Pelaku seperti memiliki ilmu penghilang tubuh.

Kapolres Lahat AKBP Ferry Harahap SIK Msi melalui Kapolsek Merapi Barat AKP Herli Setiawan SH.MH didampingi Kasat Reskrim Polres Lahat AKP Satria Dwi Darma SIK membenarkan perihal pengungkapan kasus pencurian mobil tersebut.

“Semua ini, berkat kerja sama tim kendaraan milik korban Murniati yang hilang saat beristirahat di wilayah hukum Polres Lahat atau tepatnya di Masjid At Takwa Desa Tanjung Pinang, Merapi Timur Lahat, akhirnya berhasil kita ungkap,” katanya.

Saat terjadinya kejar kejaran, Team Gabungan Satreskrim sempat melakukan tembakan beberapa kali, tapi, tetap tak diindahkan oleh pelaku. Sesuai SOP petugas juga melakukan tembakan untuk memberhentikan pelaku pencurian itu.

“Alhamdulillah, saat ini barang bukti kendaraan milik korban sudah kita amankan dan sekarang masih dalam perjalan dari Prabumulih menuju Polres Lahat. Semoga dengan kejadian ini, kita lebih berhati hati lagi. Kepada pemudik hendaknya beristirahatlah di Pos Pam yang telah kita sediakan. Untuk TSK sendiri masih terus kita buru,” ujarnya. (Din)