Satreskrim Kawal Penitipan Tersangka “ML” Penista Agama

     Tanjungbalai, Sumut, jurnalsumatra.com – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Tanjungbalai, Polda Sumatera Utara turut melakukan pengawalan terhadap “ML” tersangka penistaan agama Islam saat ini menjadi tahanan Kejari Tanjungbalai-Asahan.
Kepala Satreskrim Polres Tanjungbalai AKP Burju Siahaan, di Tanjungbalai, Kamis, mengatakan pengawalan sekaligus penyerahah tersangka ML kepada petugas Lembaga Pemasyarakatan Kelas II Tanjung Gusta (khusus wanita) di Medan itu berlangsung Rabu (30/5), terlaksana dengan baik dan lancar tanpa hambatan.
Menurut Burju Siahan, sebelum giat pengawalan, pihaknya melakukan penyerahkan tahap II tersangka ML kasus penistaan agama Islam yang terjadi pada 27 Juli 2016 langsung diterima oleh Kasi Pidum, Kasi Intel serta Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Tanjungbalai-Asahan (Kejari TBA).

Kemudian, atas adanya permohonan dari Kepala Kejari TBA kepada Kapolres Tanjungbalai agar penyidik Sat Reskrim dapat melaksanakan pengawalan, pihak Reskrim melakukan pengawalan tersangka ML hingga ke Pengadilan Negeri Medan dan ke Lapas Tanjung Gusta.
“Saat penyerahan kepada Kejari Tanjungbalai hingga pengawalan ke Pengadilan Negeri Medan dan Lapas Tanjung Gusta berjalan lancar, tidak lepas dari koordinasi serta proaktif tersangka ML yang didampingi penasihat hukumnya dari LBH Bakumsu Medan,” ujar Kasatreskrim Burju Siahaan.
Sebagaimana diinformasikan, Rabu (30/5), Kejari TBA telah melakukan penahanan terhadap ML tersangka penistaan agama Islam yang terjadi pada bulan 27 Juli 2016 sekitar pukul 07.00 WIB di Jalan Karya, Kota Tanjungbalai.
Kejari melakukan penahanan selama dua puluh hari berdasarkan SP Penahanan Kajari TBA No: Print-566/N.2.15/Ep.2/05/2018 tgl 30 Mei 2018. Sesuai Fatwa MA RI Nomor: 87/KMA/SK/V/2018 tanggal 7 Mei 2018, Pengadilan Negeri Medan dihunjuk untuk memeriksa dan memutus perkara pidana atasnama ML.(anjas)

Leave a Reply