SatresNarkoba Tanahdatar Tangkap Pengguna Narkoba

Tanahdatar, Sumbar, jurnalsumatra.com – SatresNarkoba Polres Tanah Datar berhasil tangkap pelaku tindak pidana  penyalahgunaan Narkotika golongan satu jenis sabu. Pelaku berinisial M.Y alias Jrt, (22) th, Suku Koto Piliang (Minang) Pekerjaan Tani, Alamat Jor. Guguak Tinggi Nag. Sumanik Kec. Salimpaung Kab. Tanah Datar.

Pelaku berhasil ditangkap oleh petugas pada Minggu (06/10/2019) sekitar pukul 17.30 wib, yang bertempat di pinggir Jalan Umum di Jor. Guguak Panjang Nag. Sumanik Kec. Salimpaung Kab. Tanah Datar. Dengan Barang Bukti (BB), 2 (dua) paket butiran kristal yang diduga narkotika jenis sabu yang dibungkus plastik bening.

1 (satu) buah kotak rokok merek luffman warna merah. 1 (satu) buah kotak staples merek kangaro. 1 (satu) unit sepeda motor merek Suzuki Shogun Warna hitam dengan plat Nomor BA 4748 GW beserta kunci kontak. 1 (satu) unit handphone android merk Himax warna putih.

Kapolres Tanah Datar AKBP Rokhmad Hari Purnomo S.I.K M.S.i Melalui Kasat Narkoba Iptu Yaddi Purnama.SH membenarkan penangkapan pelaku tindak pidana penyalahgunaan narkotika dengan kronologis Sebagai berikut:

Berawal pada hari Minggu tanggal (06/10/2019) petugas Satres Narkoba Polres Tanah Datar mendapatkan informasi dari masyarakat. Bahwa Inisial M Y Alias Jrt, sering menggunakan dan mengedarkan Narkotika jenis sabu. Atas informasi tersebut petugas melakukan penyelidikan dengan melakukan (Undercoverboy) dan  Inisial M.Y alias Jrt menyepakati tempat bertransaksi dipinggir jalan umum Guguak Panjang Nagari Sumanik Kecamatan Salimpaung Kabuoaten Tanah Datar. Dan sekira pukul 17. 30 wib petugas yang sudah menunggu dilokasi melihat seorang laki-laki datang menghampiri dan mendekati petugas yang sedang melakukan penyamaran lalu petugas langsung mengamankan laki-laki tersebut yang baru diketahui bernama Inisial M.Y alias Jrt. 

Selanjutnya petugas menyuruh Wali Nagari dan Wali Jorong untuk menyaksikan penggeledahan badan serta pakaian dan kendaraannya. Dari hasil penggeledahan tersebut petugas menemukan 1 (satu) paket narkotika jenis sabu yang dibungkus dengan plastik bening yang disimpan didalam kotak rokok merek luffman. Dan 1 (satu) paket Narkotika jenis sabu yang berada didalam kotak steples merek kangaro di dalam saku celana depan sebelah kiri.

Selanjutnya tersangka dan barang bukti dibawa ke Polres Tanah Datar guna proses penyidikan selanjutnya. Dan pasal yang di langgar oleh Inisial MY alias Jrt adalah : Pasal 114 ayat (1) , 112 ayat (1), UU. No. 35 Th. 2009 Tentang Narkotika , dengan ancaman hukuman Penjara Minimal 5 Tahun dan Maksimal 20 Tahun.(Myt).