Satuan Bakti Pekerja Sosial Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

    Jakarta,jurnalsumatra.com – Satuan Bakti Pekerja Sosial (Sakti Peksos) Kementerian Sosial mendapatkan perlindungan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.
BPJS Ketenagakerjaan untuk Sakti Peksos diluncurkan secara resmi oleh Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah DKI Jakarta Ahmad Hafiz di Jakarta, Rabu,  disaksikan oleh Menteri Sosial Idrus Marham pada acara Gebyar Kinerja Sakti Peksos 2018.
Mensos pada kesempatan itu menyampaikan ucapan selamat kepada para Sakti Peksos yang dinilai sebagai pejuang kemanusiaan.
“Saya merasakan kerja-kerja saudara sebagai Peksos kadang-kadang tidak mendapatkan penghargaan bahkan disepelekan di tengah masyarakat. Ini tidak boleh terjadi,” kata Idrus.
Menurut Idrus, kerja peksos sangat berat karena menghadapi anak-anak yang tidak normal baik secara psikis, sosial, ekonomi, keluarga dan lainnya.

“Ini hanya bisa dilakukan bila ada panggilan ideologis, hanya karena ada niat. Saudara punya modal paling besar yaitu modal ideologis dan Peksos memposisikan kerjanya sebagai panggilan kemanusiaan,” tambah dia.
Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah DKI Jakarta Ahmad Hafiz mengatakan kerja Peksos sangat luar biasa.
“Saya terhanyut melihat pengabdian teman-teman semua untuk anak Indonesia
BPJS Tenagakerjaan juga akan bermitra, memberikan sesuatu kepada Peksos,” kata Ahmad.
Menurut dia, jaminan ketenagakerjaan untuk Peksos merupakan insiatif Kemensos. Para Sakti Peksos nantinya dilindungi negara untuk dua porgram yaitu kematian dan kecelakaan kerja.
Dirjen Rehabilitasi Sosial Kemensos Edi Suharto mengatakan selain meluncurkan BPJS Ketenagakerjaan, juga diberikan penghargaan kepada Peksos yang berprestasi dan santunan kematian kepada ahli waris Peksos yang meninggal dunia serta bansos tabungan sosial anak.
Hadir dalam acara tersebut 675 orang peserta terdiri dari 641 Sakti Peksos dan 34 supervisor.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × three =