Sebagian Banyumas Berpeluang Hujan Disertai Petir Pada Sabtu

Purwokerto, jurnalsumatra.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah berpeluang hujan lebat disertai petir pada Sabtu (29/2).

“Sebagian Banyumas yakni Kecamatan Gumelar dan Pekuncen berpeluang hujan lebat disertai petir pada Sabtu siang hingga sore hari,” kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhie di Banjarnegara, Jumat (28/2).

Wilayah lainnya di Banyumas juga berpeluang hujan lebat dengan intensitas sedang hingga tinggi.

“Wilayah lainnya berpeluang hujan lebat pada Sabtu sore, seperti Kecamatan Ajibarang, Cilongok, Baturraden, Patikraja, Tambak dan lain sebagainya,” katanya.

Pada pagi hari, tambah dia, seluruh wilayah di Banyumas diprakirakan cerah berawan.

“Peluang hujan meningkat pada siang hingga sore hingga menjelang malam hari,” katanya.

Dia juga mengatakan wilayah lain di Jawa Tengah juga berpotensi hujan, antara lain Kabupaten Banjarnegara, Purworejo, Cilacap, Purbalingga, dan Kebumen.

Terkait peluang hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi tersebut, pihaknya kembali mengingatkan masyarakat untuk terus waspada dan berhati-hati.

“Waspadai intensitas hujan yang tinggi, waspadai kemungkinan bencana longsor dan angin kencang serta waspadai kemungkinan jalan yang licin yang bisa dipicu oleh hujan dengan intensitas tinggi dengan durasi yang lama,” katanya.

Pihaknya terus mengintensifkan sosialisasi mengenai prakiraan cuaca kepada para pemangku kepentingan dan masyarakat di wilayah setempat.

Tujuannya, kata dia, mendukung kesiapsiagaan dan pengurangan risiko atau mitigasi bencana di berbagai wilayah.(anjas)