Sekda Lantik dan Ambil Sumpah 11 Pejabat

Lahat, jurnalsumatra.com –  Lagi. Gerbong Bupati Lahat Cik Ujang SH Wabup H Haryanto SE MM MBA, bergeser. Kali ini, dirasakan oleh 11 Pejabat baik, Kabag, Camat, dan Kabid.

Pengangkatan dan perombakan ke-11 Pejabat yang terkesan sembunyi sembunyi itu, dilakukan pada Rabu (6/11/2019) di Ofroom Pemkab Lahat, sekitar pukul 14.30 WIB. Langsung dilakukan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lahat H Januarsyah Hambali SH MM.

Cukup miris, dalam pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ke-11 Pejabat sebagai Gerbong Pemkab Lahat ini, para awak media tidak diundang dan nyaris kecolongan. Namun, para kulih tinta terus mencari info dan data dilapangan terkait pelantikan tersebut. Akhirnya, wartawan mendapatkan daftar nama nama Pejabat yang dilantik beserta fhoto.

Berdasarkan salinan dan keputusan Bupati Lahat dengan Nomor 821.2/ 126/ Kep/ BKPSDM Tentang Pengangkatan, Pemindahan, dan Pemberhentian Pejabat Administrator di Lingkungan Pemkab Lahat menimbang dan memutuskan 11 Pejabat dilantik dan diambil sumpah jabatannya.

“Pergeseran, pengangkatan setiap Pejabat dilingkungan Pemerintahan itu, hal biasa. Jadi, selama menjalankan tugas juga ada penulaian dari Pak Bupati Lahat, siapa yang benar benar menjalankan amanah sesuai dengan UU tentang ASN,” kata Sekda Lahat H Januarsyah Hambali SH MM, pada Rabu (6/11/2019).

Untuk diketahui, dalam pidatonya Sekda Lahat Januarsyah menyampaikan, pelantikan ini merupak tindak lanjut dari penataan organisasi perangkat daerah. Dari sudut Organisasi pertukaran dan pengisian jabatan lowongan termasuk mutasi jabatan merupakan suatu hal yang wajib dilakukan.

“Semua ini bertujuan untuk upaya optimalisasu terhadap pelaksana tugas, fungsi dan kewenangan dalam suatu unit kerja. Sedangkan ditinjau dari Segi Aparatur Sipil Negara sebuah ahli fungsi jabatan hal biasa terjadi,” tambah Januarsyah.

Mutasi jabatan hendaknya dimaknai, menurut Sekda Lahat, suatu amanah dan tanggungjawab penuh yang harus dilaksanakan dengan sebaik baik mungkin agar roda Pemerintahan di Kabupaten Lahat semakin meningkat.

“Terutama melaksanakan berbagai sektor pembangunan dan pelayanan umum bagi masyarakat terlebih penting. Ini bukan tugas yang mudah untuk para Pejabat yang dipilih dan dilantik agar kiranya dapat segera membuka trobosan demi memajukan Lahat Bercahaya,” pungkas Januarsyah, seraya mengucapkan Selamat bagi 11 Pejabat yang telah resmi dilantik dan diambil sumpah jabatannya.

Sedangkan, salah satu Pejabat yang berhasil dibincangi jurnalsumatra.commengaku, siap mengemban amanah yang telah diberikan dan dipercayakan kepada dirinya.

“Insya Allah, dalam waktu dekan saya akan mengumpulkan semua ASN yang ada guna membuat trobosan baru untuk meningkatkan Kabupaten Lahat kedepan lebih Bercahaya. Terimakasih atas amanah dan kepercayaan yang diberikan dan akan saya jaga dengan sebaik baik mungkin,” janji salah satu Pejabat yang namanya mintak tidak disebutkan. (Din)