Sekda Sulsel Imbau Pemuda Berperan Bela Negara

     Makassar, jurnalsumatra.com – Sekretaris Daerah Sulawesi Selatan Tautoto Tanaranggina mengimbau pemuda turut berperan dalam bela negara.
“Kesadaran pemuda dalam bela negara dapat diwujudkan dengan berbagai macam cara, misalnya menjadi  inisiator dalam pelestarian lingkungan,” kata Tautoto saat membuka kegiatan Pendidikan dan Latihan Kader Bela Negara Pemuda di Rindam XIV/Hasanuddin Pakatto Kabupaten Gowa, Sulsel, Senin.
Tautoto mengatakan bela negara adalah hal yang sangat penting agar tercipta kehidupan berbangsa dan bernegara yang tertib, aman, damai, dan sejahtera.
Bela negara, kata dia, bertujuan untuk menjaga dan memilihara kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia NKRI.

       Bela negara, menurut dia, juga merupakan salah satu sikap yang menunjukkan penghargaan bagi pendiri dan pejuang bangsa yang telah susah payah memperebutkan dan mempertahankan kemerdekaan yang mengorbankan segalanya harta dan nyawa sekalipun dari tangan penjajah.
“Hal inilah yang mendasari betapa penting pelaksanaan kegiatan seperti ini,” kata dia.
Pemuda, lanjutnya, harus berperan serta dan berada di garis terdepan dalam melakukan perubahan, hanya dengan demikianlah pemuda dapat menjaga keutuhan bangsa.
“Hal lain yang tak kalah pentingnya, pemuda harus memiliki kepekaan sosial dan memiliki tanggung jawab atas kondisi masyarakat saat ini, sehingga harus turut serta mencarikan solusi,” katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − 8 =