Sekda Sumsel Minta Pejabat Sosialisasikan Wawasan Kebangsaan

Palembang, jurnalsumatra.com – Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan H. Nasrun Umar minta pejabat memahami sekaligus mensosialisasikan wawasan kebangsaan.

“Saya minta pejabat menugaskan pimpinan di bawah seluruh kabupaten dan kota untuk terus menyuarakan wawasan kebangsaan,” kata Sekda usai rapat kerja nasional Pembinaan Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Nasional bersama TNI AD di Jakarta sebagaimana dalam keterangannya di Palembang, Selasa.

Dia menjelaskan dalam rangka kemajuan provinsi dan kabupaten serta kota bukan dilihat pembangunannya saja, tapi juga sebuah sinergitas satu kesatuan dari semua pihak.

Selama ini TNI mempunyai kekuatan untuk menggerakkan pemahaman wawasan kebangsaan dibandingkan dari komponen yang lain, namun bukan berarti yang lain tidak punya kontribusi dalam hal sinergitas.

TNI Angkatan Darat lebih luas kontribusinya dalam provinsi maupun kabupaten kota, oleh karenanya ini merupakan suatu gabungan daripada tanggung jawab bersama untuk membangun bangsa ini ke depan.

“Sinergitas ini harus dibangun dari titik yang terendah mulai dari Babinsa Babinkamtibmas yang ada di kecamatan, maupun Polres atau Dandim, bagaimana koordinasi pimpinan di daerah dari provinsi sampai dengan ke atas,” ujar dia.

Dengan sinergitas empat pilar kebangsaan dalam sistem pembangunan maka NKRI akan semakin kuat.

Sementara Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Soedarmo mengatakan, memang masih banyak warga yang tidak hafal Pancasila.

Berdasarkan hasil survei masih banyak warga di daerah yang tidak hafal Pancasila sehingga itu menjadi tugas bersama.

Oleh karena itu wawasan kebangsaan harus ditanamkan sejak dini sehingga NKRI semakin kuat, tambah dia.  (anjas)