SEKRETARIAT: Purnabakti DPRD Tidak Lagi Diberi Uang

    Rejang Lebong, jurnalsumatra.com – Sekretariat DPRD Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, mengatakan anggota dewan yang purnabakti tidak lagi mendapat uang, tetapi cendera mata berupa emas seberat 5 sampai 10 gram.
“Saat ini anggarannya masih dibahas, kemudian dimasukkan dalam APBD Perubahan 2018,” kata Kabag Hukum dan Persidangan DPRD Kabupaten Rejang Lebong Matsri di Rejang Lebong, Sabtu.
Pemberian cendera mata untuk 30 anggota DPRD setempat masa bakti 2014 s.d. 2019, lanjut dia, tidak lagi uang seperti tahun-tahun sebelumnya, tetapi dalam bentuk barang.
Sejauh ini pengajuan anggaran untuk pembelian cendera mata purnabakti dewan itu, akan diupayakan masuk dalam APBD-P 2018, mengingat masa jabatan mereka akan berakhir pada bulan Agustus 2019.
Rencana pemberian cendera mata itu jika dibandingkan DPRD periode sebelumnya, menurut dia, mengalami perubahan. Pada periode 2009 s.d. 2014, misalnya, purnabakti dewan ini diberikan dalam bentuk uang dengan besaran antara Rp7 juta untuk anggota dan Rp12 juta per orang untuk unsur pimpinan.
Besaran uang purnabakti itu diberikan sebelum masa jabatan berakhir atau sebelum 25 Agustus 2014. Hal ini berdasarkan lamanya masa kerja.
Untuk yang masa kerjanya penuh (selama 5 tahun), lanjut dia, akan mendapatkan sebesar Rp7 juta atau Rp12 juta untuk unsur pimpinan.
“Anggota dewan yang diangkat dari pergantian antar waktu (PAW), besarannya disesuaikan masa tugas yang bersangkutan,” katanya.(anjas)

Leave a Reply