Seleksi Dan Promosi Hakim Penting Bagi KY

    Kendari, jurnalsumatra.com – Ketua Komisi Yudisial (KY) Aidul Fitriciada Azhari mengatakan KY perlu diikutsertakan dalam seleksi dan promosi hakim, karena proses ini membutuhkan penelusuran rekam jejak yang baik.
“Karena dalam seleksi hakim perlu diketahui rekam jejak calon hakim, baik itu hakim tingkat pertama, atau pun hakim agung,” ujar Aidul di Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, Sabtu.
Aidul mengatakan hal tersebut dalam acara Temu Nasional Forum Dekan dan Ketua STIH terkait kajian hukum Rancangan Undang Undang Jabatan Hakim.
Menurut Aidul, banyak calon hakim yang memiliki kompetensi sangat baik, namun ketika ditelusuri rekam jejaknya calon tersebut terbukti tidak memiliki integritas yang tinggi.

Terkait dengan proses promosi hakim, Aidul mengatakan banyak hakim yang secara kompetensi dan struktural memiliki prestasi yang sangat baik dan pantas menerima promosi.
“Tetapi ketika dilihat rekam jejaknya hakim ini integritasnya rendah,” kata Aidul.
Aidul mengatakan pihaknya memiliki data yang cukup lengkap dan kemampuan, serta kewenangan untuk melakukan rekam jejak calon hakim atau hakim yang hendak menerima promosi.
“Maka kami berharap KY dapat diikutsertakan dalam proses ini,” kata Aidul.
Pada Agustus 2017, Mahkamah Agung bekerja sama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) dan Badan Kepegawaian Negara, menggelar rekrutmen hakim tingkat pertama melalui jalur CPNS.
Dalam proses ini MA tidak melibatkan KY, namun KY dilibatkan dalam proses pendidikan hakim terkait Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim.(anjas)

Leave a Reply