Sembilan Bupati-Wabup Di NTT Dilantik 2019

     Kupang, jurnalsumatra.com – Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda Provinsi Nusa Tenggara Timur, Viktor Manek mengatakan, pelantikan sembilan dari sepuluh bupati-wakil bupati hasil pilkada serentak 2018, baru akan berlangsung pada 2019.
“Baru ada pelantikan Bupati-Wakil Bupati Sikka pada Kamis, (20/9). Sembilan kabupaten lainnya baru akan dilantik pada 2019,” kata Viktor Manek kepada Antara di Kupang, Jumat, terkait pelantikan sembilan bupati-wakil bupati hasil pilkada serentak 2018.
Pada pilkada serentak 2018 di NTT, diikuti sepuluh kabupaten yakni Kabupaten Sikka, Ende, Nagekeo, Manggarai Timur, Alor, Timor Tengah Selatan (TTS), Sumba Tengah dan Sumba Barat Daya, Rote Ndao serta Kabupaten Kupang.

Selain itu, juga pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) periode 2018-2023.
Sesuai jadwal, pelantikan bupati-wakil di NTT akan berlangsung pada 14 Maret dan 9 September 2019.
Jadwal pelantikan ini, kata dia, sesuai dengan berakhirnya masa jabatan bupati-wakil bupati periode 2014-2019.
“Pemilihan lebih awal karena pertimbangan pilkada serentak, tetapi pelantikan bupati-wakil bupati terpilih tetap sesuai dengan masa jabatan bupati-wakil bupati sebelumnya,” katanya.
Sumba Barat Daya, misalnya, jabatan bupati-wakil bupati baru berakhir pada 9 September 2019, sehingga pelantikan bupati-wakil bupati terpilih dijadwalkan pada 9 September, katanya.
Juru Bicara Komisi Pemilihan Umum Provinsi NTT, Yosafat Koli  mengatakan, tugas penyelenggara adalah melaksanakan pemilihan dan menetapkan pasangan calon terpilih.
“Soal penetapan dan pelantikan, merupakan kewenangan pemerintah,” katanya. (anjas)

Leave a Reply