Serapan Anggaran Kemenag Sumsel Terbaik se-Indonesia


Palembang, jurnalsumatra.com – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) meraih dua penghargaan Kemenag Award pada pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kemenag Tahun 2019 di Hotel Shangri-La Jakarta. Selain meraih penghargaan sebagai Pengelola Website Terbaik Tahun 2018, Kanwil Kemenag Sumsel juga meraih anugerah Pelaksanaan Belanja Negara Terbaik Tahun 2018 untuk kriteria pagu anggaran 1-1,8 triliun (pagu sedang).

Kedua penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Agama RI H. Lukman Hakim Saifuddin dan Sekjen Kemenag RI H. Nurkholis Setiawan kepada Kakanwil Kemenag Sumsel HM. Alfajri Zabidi. Ditemui usai acara pembukaan, Fajri mengaku bangga dan bersyukur atas prestasi yang telah ditorehkan. Menurut Fajri, prestasi ini merupakan buah kerja keras, kerjasama, dan kerja ikhlas aparatur sipil negara di lingkungan Kemenag Sumsel.

“Ini tentu bukan kerja Kakanwil semata, namun juga kerja kita semua. Untuk itu, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Kemenag Sumsel, mulai dari Kabag TU, para Kepala Bidang dan Pembimas, Kasubbag dan Kasi di Kanwil, para Kakankemenag Kabupaten/Kota, Kepala Madrasah, Kepala KUA, serta seluruh pegawai di Lingkungan Kemenag Sumsel. Mari kita jadikan prestasi ini sebagai motivasi untuk terus berinovasi dan meningkatkan kinerja. Kemenag Sumsel hebat, Kemenag Sumsel bisa,” tutur Fajri.

Senada dengan Kakanwil, Kasubbag Perencanaan dan Keuangan Kanwil Kemenag Sumsel Idham Khalik menambahkan, ada beberapa indikator penilaian sehingga serapan anggaran Kanwil Kemenag Sumsel menjadi yang terbaik di tingkat nasional. Antara lain penilaian IKPA (indikator kinerja penggunaan anggaran), antisipasi penyelesaian pagu minus tepat waktu, dan penyerapan anggaran sesuai dengan schedule time atau tepat waktu.

“Hasil positif ini tentunya akan menjadi penyemangat untuk bekerja lebih baik dan lebih maksimal ke depan. Terima kasih kami ucapkan kepada semua pihak atas dukungannya sehingga prestasi ini bisa kita raih. Terutama kepada Bapak Kakanwil yang telah memberikan supportnya, Bapak Kabag TU, juga tim perencanaan dan keuangan atas kerja kerasnya. Kami bertekad  prestasi ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan,” tegas Idham.

Sementara itu, Kasubbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Sumsel H. Saefudin menjelaskan, pada pembukaan Rakernas Kemenag Tahun 2019 ini, ada empat kategori Kemenag Awards yang diberikan kepada satuan kerja Kemenag, yaitu Satuan Kerja yang Berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) tahun 2018, Pelaksanaan Belanja Negara Terbaik tahun 2018, Satuan Kerja Pengelola Jaringan Internet VPN-IP Terbaik, dan Satuan Kerja Pengelola Website Terbaik. 

“Alhamdulillah kita dapat dua penghargaan, ini luar biasa. Rakernas sendiri digelar selama tiga hari dari 23 sampai 25 Januari, dengan mengusung tema Moderasi Beragama untuk Kebersamaan Umat. Kegiatan ini dihadiri 300 peserta dari unsur pimpinan satuan kerja Kementerian Agama mulai dari tingkat pusat hingga daerah,” pungkasnya.  (Yanti)

Leave a Reply