Sidoarjo Ajak Masyarakat Ciptakan Lingkungan Sehat

     Sidoarjo, jurnalsumatra.com – Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Lingkungan Hidup, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, mengajak  masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang bersih sehat melalui partisipasi aktif dalam sebuah kegiatan “zero waste”.
Kepala Dinas Kebersihan Pertamanan dan Lingkungan Hidup Pemkab Sidoarjo, Bahrul Amig, Selasa mengatakan, dengan adanya kegiatan ini akan menjadi modal di masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang bersih.
“Karena bagaimanapun juga peran serta dan partisipasi aktif di masyarakat diperlukan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat,” katanya di Sidoarjo.
Ia menjelaskan, pemerintah tidak mungkin bisa mewujudkan itu semua tanpa adanya dukungan dan keaktifan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat itu sendiri.
“Dan goalnya nanti dengan adanya kegiatan ini, lingkungan yang bersih dan sehat itu akan menjadi sebuah kebutuhan di masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua RT 23 RW 07 Kelurahan Sekardangan, Sidoarjo, Edi Priyanto mengatakan, sebagai bentuk keseriusan kegiatan itu pihaknya telah menyiapkan rumah daur ulang yang digunakan sebagai ruang kreativitas dan ketrampilan pembuatan kerajinan yang berasal dari barang bekas dan daur ulang.
“Kami juga menyiapkan rumah kompos untuk menempatkan hasil kompos, baik kompos padat organik hasil pengolahan pada komposter keranjang takakura dan aerob serta kompos cair organik yang berasal dari pengolahan sampah basah juga disajikan produk-produk minuman herbal hasil olahan tanaman obat keluarga,” katanya.
Ia menjelaskan, sedikitnya 30 lubang biopori dan dua sumur resapan telah disiapkan untuk membantu mempercepat resapan air khususnya saat musim hujan dengan intensitas air hujan yang cukup deras.
“Sampah yang dihasilkan sehari-hari tanpa disadari suatu ketika akan menjadi sebuah musibah apabila tidak dikelola dengan baik,” ucapnya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − 2 =