Sikat Unggulan Utama, Susanto Megaranto Kembali Ke Jalur Juara

Yogyakarta, jurnalsumatra.com – Pecatur terbaik Tanah Air, GM Susanto Megaranto (2548) kembali menapak di jalur juara turnamen catur Japfa Internasional 2019 setelah memetik kemenangan dari unggulan utama sekaligus pemimpin puncak klasemen, Dimitry Kokarev (2609), pada babak ketujuh di Yogyakarta, Senin malam.

  Ini merupakan kemenangan kedua Susanto, setelah menang dari Ivan Sokolov (2595) pada babak pertama disusul lima kali remis beruntun. Uniknya, kemenangan Susanto diraih dari dua unggulan teratas dan dua-duanya adalah pecatur luar negeri. Sementara itu lima kali remis dibukukan pecatur kelahiran Indramayu, Jawa barat, itu dari sesama pecatur Indonesia.

  “Mungkin itu strategi Susanto. Atau bisa jadi karena bermain dengan sesama rekan sendiri jadi mainnya tidak habis-habisan,” kata pengamat catur Kristianus Liem.

  Penampilan Susanto di babak ketujuh memang terlihat berbeda dari lima babak sebelumnya. “Ia sangat berusaha keras untuk menang. Walaupun sulit di permainan akhir dengan memainkan benteng dan kuda, Susanto kelihatan sekali ngotot untuk menang,” kata Kristianus yang juga Kepala Bagian Pembinaan dan Pengembangan Prestasi PB Percasi ini.

  Sejak awal permainan, Susanto bermain agresif untuk membongkar pertahanan Sicilia yang dikembangkan Kokarev. Melewati permainan tengah, Susanto unggul satu bidak, tetapi untuk menang masih sulit karena Kokarev bertahan dengan rapat. Melalui permainan akhir yang sengit, Susanto akhirnya memaksa Kokarev menyerah pada langkah ke-87.

  Kemenangan atas Kokarev itu membawa Susanto ke posisi kedua klasemen dengan poin 4,5 sekaligus menggeser Kokarev dari puncak ke posisi ketiga. Adapun posisi teratas hingga babak ketujuh diduduki pecatur Kazakhstan, GM Khusnutdinov Rustam yang menang atas IM Raghunandan Kaumandur Srihari dari India.


  Berikut hasil lengkap babak 7 kategori GM:

  1. IM Das Arghyadip 0-1 IM Priasmoro Novendra
  2. GM Khusnutdinov Rustam 1-0 IM Raghunandan Kaumandur Srihari
  3. GM Sokolov Ivan 1-0 IM Ravi Teja S.
  4. GM Megaranto Susanto 1-0 GM Kokarev Dmitry
  5. WGM Aulia Medina Warda 0-1 IM Cuhendi Sean Winshand
  6. IM Taher Yoseph Theolifus 1/2-1/2 FM Setyaki Azarya Jodi.(anjas)